Artikel Komputer, Tips Dan Trik Komputer

17 Cara Membedakan Flashdisk Asli Dan Palsu (Semua Merk)

Mengetahui cara membedakan flashdisk asli dan palsu (ori vs kw), baik untuk semua merk ataupun khusus toshiba, sandisk dll itu penting

RajaTips.com ~ Pada tanggal 8 November 2020, saya menggabungkan semua artikel ke dalam 1 postingan, yang pada intinya membahas cara membedakan flashdisk asli dan palsu untuk semua merk.

Tadinya saya bikin 2 artikel (satunya untuk semua merk dan satunya lagi khusus toshiba), dan akhirnya saya kumpulkan jadi 1.

Jadi, pada postingan ini terdapat 2 sub judul :

  1. Untuk Semua Merk
  2. Khusus Toshiba

A. Cara Membedakan Flashdisk Asli Dan Palsu (Semua Merk)

Cara Membedakan Flashdisk Asli Dan Palsu

Akhir-akhir ini banyak sekali beredar Flashdisk, SD Card maupun Harddisk palsu.

Sampai-sampai kita bingung membedakan mana yang asli dan mana yang palsu. Apalagi flashdisk palsu sekarang ini lebih mudah tersebar berkat hadirnya toko online.

Di toko online, kita akan lebih sulit untuk mengetahui keaslian flashdisk tersebut kecuali kita membelinya langsung dari β€œofficial storeβ€œ.

Namun, semua itu bisa kita antisipasi jika kita sudah menguasai teknik maupun ilmunya, nantinya sebelum membeli kita sudah bisa mengetahui flashdisk tersebut palsu atau tidak.

Saya sendiri sering sekali belanja online untuk membeli barang-barang elektronik, dan alhamdulilah saya ketipu sudah 2x πŸ˜‚.

Waktu itu saya beli barang dengan harga 7000 rupiah dan 50.000 rupiah. Untuk itu, kita perlu lebih berhati-hati saat belanja melalui toko online.

Bagi kalian yang ingin mengetahui tips belanja online agar tidak tertipu silahkan lihat artikel berikut.

Tips Belanja Di Toko Online Agar Tidak Tertipu Dan Mendapatkan Barang Dengan Kualitas Terbaik

Pengalaman saya yang lebih parah justru hadir saat saya membeli flashdisk di toko terdekat secara langsung, bukan melalui online (padahal toko tersebut bisa dikatakan terbesar di daerah saya).

Saat itu saya akan membeli flashdisk merk Sandisk, namun stok kosong dan saya di beri tawaran untuk membeli flashdisk merk Toshiba.

Saya pun sempat ragu karena jujur saya paling malas berhadapan dengan flashdisk merk tersebut (kebanyakan gampang corrupt, error dan lain sebagainya).

Tapi karena saya lagi banyak kerjaan saya nggak mau ribet, maka saya beranggapan β€œah yang penting dapet, lagian bukan buat saya inihβ€œ.

Begitu sepintas dalam pikiran saya, namun dengan pemikiran yang kurang matang dan tidak mengecek secara detail produk tersebut.

Akhirnya saya pun menanggung resikonya, yaitu mendapatkan flashdisk palsu.

Berdasarkan beberapa pengalaman, serta melihat kejadian-kejadian yang teman saya alami, saya menemukan beberapa cara yang bisa kita gunakan sebagai acuan untuk mengecek dan membedakan flashdisk asli atau palsu.

Saya juga memutuskan untuk menuliskan dan berbagi pengalaman kepada publik, semoga tips yang saya berikan ini dapat bermanfaat bagi kita semua.

1. Bentuk Port USB

Bentuk dan lekukan port USB pada flashdisk yang asli akan lebih kompleks dari port USB flashdisk palsu. Jika flashdisk tersebut palsu, maka proses produksi pasti asal-asalan dan tidak memperhatikan detail seperti pada hal ini.

Perhatikan lekukan pada ujung USB dan lihat gambar berikut untuk mengetahui lebih jelasnya.

Flashdisk Asli Dan Palsu
Port USB

Nah disitu terlihat bahwa motif port USB flashdisk asli sangat berbeda dengan port USB flashdisk palsu.

Kalian bisa menggunakan jurus andalan ini untuk mengecek dan membedakan flashdisk tersebut asli atau palsu.

2. Banting Harga Terlalu Miring

Biasanya, flashdisk asli yang berasal dari luar negeri akan melalui tahap beacukai, selanjutnya dilanjutkan ke distributor resmi dan baru dipasarkan secara umum.

Layaknya Smartphone, barang elektronik seperti flashdisk akan dikenakan biaya tergantung dari jumlah muatan dan harga barang.

Namun beacukai untuk flashdisk tidak semahal Smartphone ya, kalian tau sendiri lah masa flashdisk mau disamakan dengan Smartphone. πŸ˜….

Dengan adanya pajak dan beacukai setiap barang yang diimpor dari luar negeri, maka harga pun akhirnya melesat lebih tinggi dari harga asli yang diberikan pabrik produksi.

Inilah alasan utama mengapa banyak sekali kasus penggelapan pajak, yaitu dengan menyelundupkan barang impor secara diam-diam agar tidak melalui tahap beacukai serta tidak dikenakan pajak, hal ini juga biasa disebut dengan pasar gelap atau β€œBlack Marketβ€œ.

Dengan begitu, maka pihak tersebut bisa menjual produk dengan harga miring/sangat murah hampir sama seperti harga yang diberikan pabrik langsung.

Situasi seperti inilah yang dimanfaatkan para orang-orang yang punya niat jahat.

Dengan adanya β€œBlack Market” maka mereka menciptakan barang palsu dan dijual secara umum.

Alasan bullshit mereka memberikan harga yang terlalu miring/terlalu murah adalah karena barang tersebut tidak kena pajak/melalui pasar gelap, padahal sebenarnya barang tersebut adalah palsu.

Para pembuat barang palsu tersebut bisa jadi dari luar negeri atau bahkan dalam negeri.

Jika kita membeli flashdisk hasil β€œBlack Market” sih nggak apa-apa. Udah dapet barang asli, murah pula harganya 😁.

Tapi masalahnya, sekarang produk palsu sudah bertebaran, kita tidak bisa sembarangan membeli.

Jadi, dengan kategori harga yang sangat murah sebaiknya kita hati-hati dan lebih selektif, coba untuk membandingkan dengan ciri-ciri lain yang saya sebutkan selanjutnya.

8 Cara Ampuh Agar Kamera HP Kembali Jernih Seperti Baru Tanpa Ribet

3. Segel / Hologram Garansi

Seperti yang telah dibahas pada poin nomor 2. Setelah barang diimpor dari luar negeri dan sudah melalui beacukai, maka barang akan diteruskan ke distributor resmi yang ada di negara tersebut.

Selanjutnya logo distributor resmi ditempel pada setiap kemasan untuk memberi tanda bahwa barang tersebut adalah asli, ini adalah salah satu cara yang bisa kalian lakukan untuk mengecek keaslian produk sebelum membeli.

Namun tidak semua barang menggunakan hologram distributor, biasanya segel ini tersedia di barang-barang elektronik seperti flashdisk, SD Card dan lain sebagainya yang mempunyai garansi resmi.

Jika segel tersedia pada produk yang akan anda beli, maka bisa dipastikan 90% barang tersebut adalah asli.

Hologram Segel Distributor
Hologram Segel Distributor

Misalnya, hologram yang tertera pada Micro SD Sandisk diatas. Distributor asli dari Sandisk hanya ada 4, diantaranya adalah :

  1. PT. Astrindo
  2. PT. Perdana
  3. PT. Datascrip dan
  4. PT. Indotelekomunikasi Cemerlang.

Diluar segel resmi tadi, dapat dipastikan bahwa produk Sandisk yang kalian beli adalah ilegal / BM (Black Market), atau bahkan produk tersebut palsu.

Bisa jadi segel yang ada pada kemasan hanyalah segel toko biasa, dan kualitasnya abal-abal.

4. Gambar Pada Kemasan Terlalu Burik Dan Warna Tidak Tajam

Kemasan pada flashdisk palsu biasanya agak berbeda, agak ngawur sedikit.

Ngawurnya bagaimana bang maksudnya?

Jadi, garis-garis dan gambar pada kemasannya tidak jernih serta agak burik

Berbeda dengan yang asli, sebelum diproduksi flashdisk tersebut diuji terlebih dahulu melalui beberapa test dan jika gagal di tahap tertentu maka tidak akan dijual/dipasarkan.

Jadi kecil kemungkinan flashdisk asli akan cacat, termasuk cacat dalam hal kecil seperti ini (pada kemasan produk).

Industri pembuat flashdisk tersebut tidak mungkin akan membiarkan barang yang diproduksi dalam keadaan asal-asalan.

Dan untuk membedakan bahwa produk yang mereka ciptakan adalah asli, maka mereka pun memproduksi barang dengan ciri khas tertentu agar mudah untuk membedakan yang asli dengan yang palsu.

Salah satu contohnya yaitu kemasan yang berkualitas, kalian bisa lihat sendiri pada kemasan flashdisk palsu. Biasanya jenis kertasnya agak beda dan gambar pada kemasan pun terkesan burik serta tidak full color.

5. Device Manager

Cara ini adalah sebagai alternatif saja, jika ingin mendapatkan hasil cek yang maksimal maka lakukan cara selanjutnya.

Namun tidak menutup kemungkinan dengan cara ini kita sudah bisa membuktikan bahwa flashdisk tersebut adalah asli, apalagi cara ini sangatlah mudah dilakukan. Berikut caranya :

  • Buka β€œWindows explorer” pada komputer masing-masing. Klik kanan pada β€œMy Computer” lalu pilih β€œManageβ€œ
Manage
Manage
  • Masuk pada menu β€œDevice Manager” dan cek pada β€œDisk Drives” apakah merk flashdisk sesuai atau tidak
  • Jika merk flashdisk (pada kemasan) yang anda beli berbeda dengan apa yang terdeteksi pada komputer, maka dapat dipastikan bahwa flashdisk tersebut palsu
Device Manager
Device Manager
  • Dan satu lagi, flashdisk palsu biasanya susah terdeteksi di komputer, kadang putus nyambung nggak jelas

6. Menggunakan Aplikasi

Langkah terakhir untuk cara mengecek flashdisk asli atau palsu adalah dengan menggunakan aplikasi.

Dengan begitu, kita bisa mengecek kapasitas flashdisk yang sebenarnya secara akurat.

Kapasitas flashdisk yang sebenarnya tidak selalu sesuai, biasanya setelah diisi file yang berukuran besar maka file yang ada di flashdisk palsu tersebut akan corrupt saat dibuka.

Berhubung saya telah menuliskan caranya pada lain artikel, maka untuk mempersingkat waktu sebaiknya kalian baca artikel selengkapnya di bawah ini.

Cara Mengetahui Kapasitas Flashdisk Sesungguhnya Dengan Mudah Dan Akurat

Pada artikel diatas telah saya jelaskan secara lengkap tentang cara mengecek flashdisk palsu, yaitu dengan mengetahui kapasitas flashdisk yang sebenarnya ada pada flashdisk tersebut.

B. Perbedaan Flashdisk Toshiba Ori Dan KW

Perbedaan Flashdisk Toshiba Ori Dan KW

Mengetahui bagaimana ciri ciri flashdisk toshiba asli dan palsu (ori vs kw) serta cara membedakannya sangatlah penting, terutama di zaman sekarang yang apa-apanya serba online.

Saya pernah membeli flashdisk toshiba palsu karena belum paham bagaimana cara membedakan antara yang asli dengan palsu.

Jika dilihat sekilas, flashdisk toshiba palsu mirip sekali dengan yang asli. Namun jika kita jeli, maka yang palsu dapat dibedakan dengan mudah.

Tapi tidak semudah itu, karena yang palsu pun dibuat seolah-olah mirip dengan aslinya.

Lalu, apa saja hal yang perlu diperhatikan?

1. Hologram / Segel Garansi Resmi

Flashdisk jenis apapun, jika tersedia hologram/segel garansi resmi maka dapat dipastikan flashdisk tersebut adalah asli.

Setiap merek mempunyai ciri khas segel yang berbeda-beda, oleh sebab itu kita harus paham mana saja distributor resmi yang mendistribusikan produk tersebut.

2. Warna LED

Warna LED pada flashdisk Toshiba palsu berbeda dengan yang asli. LED pada flashdisk Toshiba asli yaitu berwarna kuning ke hijau-hijauan, sedangkan yang palsu berwarna merah.

Sejauh ini, saya belum pernah menemukan flashdisk toshiba asli dengan LED berwarna merah.

Jadi bisa saya simpulkan, flashdisk toshiba lampu merah adalah produk PALSU.

Flashdisk Toshiba Lampu Merah
Flashdisk Toshiba Lampu Merah

3. Setiap Copy File Ke Flashdisk Selalu Hilang

Ciri-ciri selanjutnya yaitu setiap kita copy file ke dalam flashdisk, file tersebut selalu hilang. Dan jika ada, file tersebut akan error/corrupt saat dibuka.

Hilangnya file juga bisa jadi karena virus. Namun pada kejadian yang saya alami bukanlah karena virus, melainkan kapasitas asli flashdisk tidak sesuai dengan tulisan yang ada.

Saat itu, saya menyalin file musik dengan jumlah lumayan banyak.

Tapi kok aneh, setelah saya cabut dan tancapkan lagi flashdisk tersebut, musik yang tersisa hanya berapa puluh saja.

Akhirnya saya cek kapasitas asli flashdisk tersebut, berapa sih kapasitas yang sebenarnya?

Ternyata, flashdisk yang bertuliskan 8GB ukuran aslinya hanya 107 MB, itulah sebabnya ketika setiap file yang ditampung lebih dari 107 MB akan selalu hilang.

Untuk membuktikan kapasitas flashdisk yang sesungguhnya silahkan baca cara mengetahui kapasitas asli flashdisk.

4. Kemasan Produk

Kemasan juga penting untuk diperhatikan untuk membedakan flashdisk Toshiba tersebut palsu atau tidak.

Pabrik pembuat flashdisk asli tidak asal-asalan dalam memproduksi barangnya, termasuk dalam hal kemasan.

Lalu kemasan flashdisk palsu itu bagaimana?

Kemasan flashdisk palsu biasanya agak burik, komposisi warna kurang jernih dan garis kurang rapi, istilah lain ya ngeblur lah.

Nah sedangkan flashdisk asli tentu tidak akan asal-asalan dalam proses produksinya, maka kecil kemungkinan flashdisk asli akan cacat, termasuk cacat dalam hal kemasan ini.

Ya walaupun pasti ada yang cacat, namun kebanyakan tidak.

5. Garansi

Jika kalian membeli flashdisk, pastikan garansi flashdisk tersebut lama.

Jika yang dijual adalah flashdisk palsu, biasanya garansi hanya 1-2 hari, 1 minggu, 1 bulan atau bahkan tidak berani memberi garansi.

Sedangkan jika flashdisk tersebut asli & penjualnya tidak abal-abal maka biasanya garansi yang diberikan relatif lama, entah 1 tahun, 2 atau 5 tahun atau bahkan seumur hidup.

6. Flashdisk Susah Terdeteksi

Seperti yang telah saya jelaskan diatas, flashdisk palsu biasanya dalam proses produksinya asal-asalan.

Maka hasilnya pasti banyak yang error, tidak sempurna saat ditancapkan, bahkan posisi flashdisk agak miring (bengkok).

Umumnya posisi flashdisk palsu saat dicolok sedikit miring / jatuh ke bawah dan tidak kokoh, namun pada flashdisk asli posisinya tertancap kuat dan lurus.

Dengan kegagalan produksi ini, maka biasanya flashdisk palsu akan susah dideteksi di komputer, bahkan biasanya butuh beberapa kali tancap agar terdeteksi.

Mungkin ini adalah salah satu alasan mengapa saat saya install ulang komputer menggunakan flashdisk selalu gagal.

7. Mudah Rusak / Membuat PC Macet Total

Ciri-ciri selanjutnya adalah flashdisk mudah rusak dan membuat komputer macet total. Nah uniknya, saya punya puluhan flashdisk Toshiba yang sudah rusak.

Beberapa teman saya ngasih flashdisk tersebut kepada saya untuk diperbaiki karena waktu itu saya sering perbaiki bad sector harddisk, flashdisk, dll.

Namun nasib malang menimpa, saya hanya bisa memperbaiki berapa butir saja. Diantaranya ada yang berhasil hanya dengan memformat-nya di linux.

Dan yang lain sudah tidak mempan diapa-apakan, karena saat ditancapkan komputer justru komputer saya macet total (males amat ah, ntar malah komputer saya yang rusak).

Dan setelah itu saya sadar, kebanyakan flashdisk yang sering rusak adalah merk Toshiba (tentu saja yang palsu).

Apa itu Ransomware Wannacry, Efek Dan 7 Cara Mencegahnya

8. Kecepatan Transfer Tidak Stabil

Flashdisk toshiba palsu biasanya memiliki kecepatan yang tidak stabil. Awalnya kecepatan tinggi, tapi kemudian kecepatannya turun secara drastis dan tidak naik lagi.

Banyak referensi yang membuktikan bahwa kecepatan yang tidak stabil (tinggi, lalu menurun) adalah flashdisk palsu.

Namun jangan langsung menyimpulkan bahwa flashdisk dengan kecepatan yang tidak stabil adalah palsu.

Jika anda membaca artikel secara keseluruhan pasti paham dengan apa yang saya maksud. 😊

Apa Itu SSD, Fungsi, Kelebihan, Kekurangan & Perbedaannya

9. Mudah Dibongkar

Saya sendiri masih memiliki flashdisk Toshiba palsu ini, mau dibuang tapi sayang.

Mending saya gunakan untuk bahan percobaan, atau membagikan pengalaman serta membocorkan kejanggalan yang ada pada flashdisk toshiba palsu tersebut.

Ciri-ciri selanjutnya adalah flashdisk Toshiba palsu sangat mudah untuk dibongkar, bahkan bisa dibongkar hanya menggunakan kuku tangan saja.

Berbeda dengan yang asli, yang asli lebih/sangat susah untuk dibongkar.

Flashdisk Toshiba 64GB Palsu
Flashdisk Toshiba 64GB Palsu

10. Made In (Tempat Pembuatan)

Nah jujur saja untuk yang satu ini agak membingungkan.

Kenapa membingungkan?

Karena toko resmi dan sumber lain mengatakan bahwa flashdisk jenis ini hanya diproduksi di Filipina, jika diproduksi oleh China maka kemungkinan besar flashdisk tersebut palsu.

Tapi nyatanya!!! Walaupun flashdisk yang saya itu beli made in Filipina, masih saja palsu tuh.

Wah beneran bang yang produksi Filipina masih ada yang palsu???

Bener, nggak percaya dateng aja ke rumah saya (sambil bawa oleh-oleh, hehe), nanti saya buktikan bahwa made in Filipina juga masih ada yang palsu.

Justru saya lihat flashdisk Toshiba made in Japan kebanyakan adalah asli. Setelah saya cek, pabrik utama Toshiba memang ada di Tokyo, Jepang.

Makanya dulu yang bilang pabrik pusatnya ada di Filipina saya merasa agak aneh, karena sempet dengar pabriknya ada di Jepang.

Mari kita lihat pengakuan mereka dari Wikipedia :

https://id.wikipedia.org/wiki/Toshiba

Toshiba adalah perusahaan pemroduksi elektronik teknologi tinggi yang bermarkas di Tokyo, Jepang. Toshiba adalah perusahaan elektronik terbesar di dunia. Toshiba saat ini kebanyakan buatan RRC.

Nah sudah lihat kan? Mungkin saja yang di Filipina itu cabang yang khusus memproduksi flashdisk saja.

Namun saya belum menemukan sumber yang terpercaya. Satu-satunya sumber yang saya punya dan terpercaya mengatakan pabrik pusat ada di Tokyo, Jepang.

Jadi hati-hati ya sob saat membeli, dan sempat viral bahwa pabrik Toshiba bangkrut, makanya banyak produk palsu bertebaran dengan mengatas namakan Toshiba sebagai pabrik produksinya.

Namun jika mendengar pengakuan dari pihak Toshiba sendiri, pabrik tidak bangkrut, berikut kesaksiannya :

β€œKami terus berproduksi, Toshiba hanya diakuisisi Skyworth asal China. Pemutusan tenaga kerja memang ada, sekitar 60% pegawai lanjut kerja di bawah bendera baru dan 40% masih proses negosiasi,” ujarnya kepada Bisnis, Rabu (3/2/2016).

Tapi kalian nggak usah ikut pusing-pusing ya ngeliat berita ini… πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

11. Keterangan & Lambang Flashdisk

Untuk yang terakhir, ini merupakan ciri-ciri yang paling mencolok dan mudah sekali untuk dijadikan acuan guna membedakan yang mana flashdisk Toshiba asli dan palsu.

Jika flashdisk yang kalian miliki itu palsu, maka tidak terdapat lambang CE dan juga tong sampah tanda silang.

Lambang yang lain pun terlihat sangat berbeda ketika kita mencoba untuk membedakannya.

Untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar berikut :

Lambang Tong Sampah
Lambang Tong Sampah
Cara Membedakan Flashdisk Toshiba Asli Dan Palsu
Logo Flashdisk Asli Dan Palsu

Cara Mengatasi Flashdisk Tidak Bisa Menyimpan File/Diisi Data

Kesimpulan

Diantara 11 ciri ciri flashdisk Toshiba asli dan palsu diatas, yang bisa kita terapkan sebelum membeli adalah hologram, kemasan produk, garansi, made in dan lambang flashdisk.

Sedangkan untuk yang lain, hanya bisa kita lakukan sesudah membelinya. Jadi, hati-hati dalam memilih ya gaes.

Cara Membuat Wallpaper Bergerak Di PC Windows 10

Bagi kalian yang sudah terlanjur membeli yang palsu, langsung tukarkan dengan yang baru (jika masih ada garansi).

Jika masa garansi sudah lewat, boleh dicoba juga, siapa tau boleh πŸ˜‡.

6 Replies to 17 Cara Membedakan Flashdisk Asli Dan Palsu (Semua Merk)

  1. saya juga kecolongan beli 3 biji di laz*d* sama seperti yg dibahas, jadi gak kepake tug barang, ga bisa buat install ulang windows dan copy file mp3

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *