Pengetahuan

Waspada Berbagai Macam Modus Penipuan ATM Terbaru

Waspada Berbagai Macam Modus Penipuan ATM Terbaru

AURORATEKNO.COM ~ Seiring dengan majunya zaman, kita harus memahami berbagai macam modus penipuan atm dan cara penipu menguras ATM. Sistem yang dibuat oleh pihak bank memang sudah canggih, namun para penjahat tentu tidak akan berdiam diri saja.

Mereka terus belajar dan belajar bagaimana menembus sistem pertahanan yang diciptakan oleh pihak bank.
Memang tidak bisa dipungkiri, setiap sistem pertahanan yang dibuat oleh manusia pasti ada saja celah dan kekurangannya.
Jadi, sebagai sebagai nasabah kita harus benar-benar waspada tentang hal ini sebelum musibah menimpa.

Salah satu hal penting yang harus kita siapkan yaitu mengetahui cara penipu menguras atm dan berbagai macam modus penipuan ATM terbaru.

Misalnya modus modus penipuan atm tertelan, modus penipuan atm minta tolong transfer, modus penipuan atm lewat telepon dan modus penipuan lewat telepon terbaru.

Kita tentu tidak ingin jika hasil jerit payah perjuangan sehari-hari hilang begitu saja karena tindak kejahatan orang lain.
Maka dari itu, kita harus menyadari betapa pentingnya pengetahuan dan berbagai modus penipuan ATM terbaru agar kita terhindar dari hal tersebut.

Mohon maaf, sengaja saya ganti beberapa huruf a jadi 4 agar tidak terdeteksi konten yang melanggar kebijakan

Baca Juga : Tips Belanja Di Toko Online Agar Tidak Tertipu Dan Mendapatkan Barang Dengan Kualitas Terbaik

Waspada Berbagai Macam Modus Penipuan ATM Terbaru
People And ATM

Banyak sekali kasus penipuan atm yang terjadi akhir-akhir ini, hal tersebut tidak lain karena kesalahan kita sebagai pengguna yang kurang hati-hati.

Saya sendiri pernah menjadi korban modus penipuan ATM lewat telepon, namun itu menjadikan saya pelajaran yang berharga agar tidak mengulangi hal yang sama.
Kita juga harus menyadari betapa bahaya memberikan nomor kartu atm kepada orang lain, bahkan jika orang tersebut adalah pihak bank sekalipun.
Pihak bank tidak seharusnya dan tidak boleh meminta kartu atm dan juga PIN yang kita miliki dengan alasan apapun.
Itu sebabnya saat kita membuat rekening dan memasukkan PIN, seorang CS (Customer Service) bank tidak pernah melihat berapa angka PIN yang kita input.
Pernah sebuah kasus penipuan ATM hampir terjadi. Dimana ada seseorang yang hendak melakukan tarik tunai, namun setelah dia memasukkan kartu ATM ke mesin, tiba-tiba merasa ada hal yang aneh.
Karena curiga, maka dia mengeceknya terlebih dahulu. Apakah kartu ATM-nya bisa keluar atau tidak.
Ternyata macet alias tidak bisa dikeluarkan, dan untungnya dia belum menginput PIN ATM ke mesin tersebut.
Jika saja dia telah memasukkan PIN ke mesin, maka dia telah terkena perangkap / modus penipuan atm yang dinamakan Skimming.
Namun tidak cukup sampai disitu, walaupun dia selamat dari kejahatan yang dinamakan skimming, hampir saja dia terkena modus penipuan ATM terbaru.
Karena sedikit panik, akhirnya dia menghubungi nomor telepon yang tercantum pada mesin ATM tersebut, disitu tertera nomor HP yang bisa dihubungi.
Orang tersebut mengaku bahwa dirinya berasal dari pihak bank dan logat penipu telepon tersebut sangat mirip dengan CS (Customer Service) yang biasa bekerja di bank.

Baca Juga : 11 Tips Sehat Saat Bekerja Di Depan Komputer Dalam Jangka Waktu Yang Lama

Walaupun si korban sedikit panik, namun dia sangat hati-hati karena profesinya adalah sebagai satpam.

Saat ditelpon, ternyata orang yang mengaku bekerja di bank tersebut mengajukan pertanyaan yang aneh-aneh.
Dia bertanya nomor rekening, pin dan nama ibu kandung. Akhirnya dengan tegas si korban tersebut menolak untuk memberi tahu data tersebut.
Sempat berdebat beberapa saat, akhirnya si korban tetap bersikeras untuk tidak memberitahukan nomor pin serta nama ibu kandungnya.
Namun esoknya dia melihat berita di tv dimana ada beberapa orang yang ditipu dengan modus penipuan ATM yang sama dengannya.
Saat berita tersebut tayang, sang penipu pun telah ditangkap oleh pihak kepolisian karena melakukan tindak kejahatan berupa penipuan ATM.
Dan parahnya lagi, si pelaku tidak kejahatan tersebut adalah seorang karyawan bank yang bekerja sama dengan penipu lain.
Ini adalah kisah nyata yang diceritakan dari seorang yang hampir saja tertipu oleh modus penipuan atm tersebut, semoga bisa menjadi pelajaran untuk kita.

Modus Penipuan Lewat Telepon Terbaru Dan Cara Menanganinya

Waspada Berbagai Macam Modus Penipuan ATM Terbaru
Calling

Menurut pengalaman dan beberapa kasus yang sering terjadi, logat penipu telepon / logat sang penipu lewat telepon sangat mudah untuk dikenali.

Pertama, dia menggunakan logat yang sangat nyaman untuk di dengar, bahasa Indonesia-nya sangat baik, pelan namun jelas, bahasanya terstruktur dan yang bicara adalah laki-laki.
Sulit untuk membedakan secara logat, namun ada beberapa trik yang bisa kita gunakan untuk mengetahui penipuan ATM lewat telepon :

1. Buat dia berlama-lama saat telepon

Menurut pengalaman saya, jika kita terlalu banyak bicara dan terlalu banyak alasan maka orang tersebut akan sedikit marah dan meninggikan suaranya.
Jika demikian, maka bisa dipastikan bahwa orang tersebut adalah penipu. Tetapi hal ini mungkin sudah banyak diketahui.
Jadi si penipu mungkin telah mempersiapkan kesabaran yang tinggi sebelum berhadapan dengan kita.

2. Ajukan berbagai pertanyaan

Hampir sama dengan hal diatas, kita juga harus banyak bertanya dan bertanya. Jangan hanya 1-5 pertanyaan saja.
Ajukan pertanyaan yang banyak, kalau bisa sampai 30-50 pertanyaan, dan ujilah kesabarannya. Selain itu, cek apakah jawaban yang dia lontarkan sesuai atau tidak.
Namun biasanya seorang penipu punya data yang valid dan punya seorang peretas / h4cker handal yang selalu siap siaga memberikan informasi akurat yang kita miliki.
Bahkan saya pernah berhadapan dengan seseorang yang tahu segalanya tentang diri saya. Logatnya sangat enak untuk di dengar dan hampir sama dengan Customer Service Proffesional pada umumnya.
Dia mengetahui nomor pribadi, jenis kartu, lokasi, jumlah pulsa, paket apa yang digunakan, harganya berapa, alamat rumah, dan lain sebagainya.
Oleh sebab itu, sebenarnya mengajukan pertanyaan saja itu belum cukup.

3. Serahkan kepada satpam / orang yang galak bicaranya

Menurut saya ini adalah langkah yang paling tepat dan paling ampuh untuk dilakukan. Selama menelpon, kita harus membuatnya lama-lama dan segera pergi ke kantor polisi.
Suruh dia mematikan telponnya terlebih dahulu dan telpon lagi nanti dengan alasan pergi ke mesin ATM terdekat, namun sebenarnya anda pergi ke kantor polisi.
Saat sudah sampai, mulailah ngobrol sedikit dan kemudian serahkan ke pihak kepolisian, selanjutnya biarkan pihak berwajib yang menanganinya.

Baca Juga : Susah Bangun Tidur? Lakukan 7 Cara Jitu Ini. No 4 Paling Ampuh

Jika perlu, suruh pihak kepolisian untuk melacak keberadaan si penipu tersebut. Dengan begitu, maka anda telah menyelamatkan orang lain sebelum si penipu tersebut mencari target/korban lain.

Jika tips tersebut dirasa repot, kita bisa menyerahkan telpon tersebut ke keluarga terdekat yang mempunyai logat keras agar orang disana merasa takut.
Jika kondisi tidak memungkinkan, biasanya sang penelpon pertama dari penipu akan menyerahkan telpon ke temannya, dan teman tersebut akan meluapkan amarahnya kepada kita.

Pengalaman Dari Diskusi Grup

Disini saya akan berbagi sedikit percakapan saat member grup blogger sedang melakukan diskusi mengenai hal serupa.
Awalnya mereka sedang membahas tentang saldo nasabah bank mandiri yang berubah (bertambah sendiri dan ada juga yang hilang), namun selanjutnya ada beberapa member yang sharing tentang hal ini. 
Berikut percakapannya, semoga bisa menjadi referensi agar kita terhindar dari modus penipuan atm terbaru yang sedang marak ini.
Thread :
Waspada Berbagai Macam Modus Penipuan ATM Terbaru
Thread
Balasan :
Adam : Udah banyak m4fia fr4udster (penjahat perbankan).
Hans : M4fianya nyuri saldo atau gimana itu Mas ???
Adam : Fr4udster atau penjahat perbankan itu punya tugas-tugas nya masing-masing. Ada yg tugasnya intens di ATM (kasus skimming), c4rding (kartu kredit), dan sebagainya. Ini yang menjadi PR perbankan untuk meminimalisir kejahatan tersebut. Namanya teknologi semakin canggih tentu banyak celah fr4udster bermain disitu.
Adam : Nah sekarang kita yg mungkin menjadi nasabah mesti melek teknologi juga dan peka terhadap kejadian yang saat ini lagi ramai
Hans : Ohhh, jadi Fr4udster itu pihak ke-3… Tadinya saya kira pihak Bank… Ok² paham
Adam : Nih saya kasih tau ya.  Buat kalian kalo Nerima telpon atau kedatangan orang yang mengaku-ngaku dari bank jangan langsung aja percaya.
Adam : Menawarkan faislitas apalah itu
Adam : Sampe sampe mereka minta data CVC/pin dibelakang kartu dan sebagainya. Lalu anda kasih tau semua itu yaudah deh
Adam : Pihak bank ga pernah sekalipun minta data nasabah
Hans : Lenyap
Rasyid : BRI gimana pak ?

Baca Juga : Tahukah Anda Dibalik Klik Tombol Accept Pada Saat Install Aplikasi Atau Membuat Akun?

Adam : Banyak kasus yang saya tangani dan itu rata rata di daerah daerah yang kurang informasi. Masih banyak yg belum paham apa aja yang mesti di perhatikan. Dengan gampangnya kasih data data pribadi.

Adam : Jangan tanya cuma BRI.. bank lain semua sama. Ngalamin kasus yang serupa.
Adam : Solusinya kalo kalian Nemu yang aneh-aneh.. Langsung telpon call center bank masing-masing.. Cerita kronologisnya dan kalo udah terlanjur kasih, minta segera lakukan pemblokiran kartu sementara
Adam : Pihak bank udah serta Merta melakukan sosialisasi edukasi melalui SMS banking / call center untuk selalu menjaga kerahasiaan data pribadi nasabah. Karena bank sekali lagi ga pernah minta data data pribadi termasuk kode OTP SMS, dan CVV dibelakang kartu.
Adam : Semoga di grup ini gak ada yang ketipu oleh fr4udster atau penjahat perbankan.
Adam : Satu lagi ada permasalahan tentang bank jangan minta ke saya. Saya ga punya kewenangan. Langsung hubungi call center atau kantor cabang terdekat.
Rasyid : Saya pernah dapet telpon dari no asuransi BRI. Ktanya si dari JakPus.
Adam : Trus mas
Hans : Jangan percaya
Adam  : Intinya jangan langsung percaya
Rasyid : Oke bang
Adam : Yang mas perhatikan dia minta data data mas gak kaya kode OTP lewat SMS terus mas kasih kode nya itu jangan… Terus minta kode CVV belakang kartu (khusus pengguna kartu kredit)
Adam : Ati – ati 
Adam : Mereka biasanya minta itu
Adam : Soalnya penjualan data nasabah udah meraja Lela sekarang
Hans : Q orangnya paling risih sama nomer baru…. 🤣🤣🤣
Firdaus : Saya dapat 100 juta 🤣
Waspada Berbagai Macam Modus Penipuan ATM Terbaru
Dapat 100 Juta
Adam : Penjualan data nggak cuma di bank aja. Rumah sakit, sekalipun konter jual pulsa
Adam : Makanya mereka langsung tau nama dan alamat kita
Singgih : (Membalas pesan Firdaus “Saya dapat 100 juta…) Saya dah berkali-kali dapet gak diambil, kasih yang sms aja biar berkah 🤣
Hans : Ini apa pulak 🤣🤣🤣
Waspada Berbagai Macam Modus Penipuan ATM Terbaru
SMS
Adam : Intinya sekarang jangn bodoh-bodoh banget sama teknologi. Dan selalu terus gali informasi.
Adam : Apalagi kalian blogger
Adam : Malu
Adam : Tiap hari nyari informasi tapi ketipu juga 😅
Rasyid : (Melanjutkan topik saat ditelpon no asuransi BRI yang ktanya si dari JakPus) Pihak yang nelpon saya itu, ada embel-embel asuransi pada nomor telpon-nya. Dia nelpon saya langsung. 
Rasyid : Pertama tidak kuangkat. Kedua kuangkat.
Rasyid : Habis itu nanya nama saya. Lalu menyatakan dari BRI Pusat bagian asuransi dan saya pun mendapat kesempatan asuransi di sana.

Baca Juga : 9 Cara Membuat Gaya Huruf Keren Di Whatsapp

Adam : Kalau asuransi juga mesti ati ati. Kalo kita meng iyakan bisa kena autodebet

Adam : Setiap bulan nyedot isi saldo ATM
Adam : Kalo merasa ga mau make asuransi bilang dari awal gak makasih
Adam : Gituin
Adam : Saya sering ditelpon asuransi. Kalo dengr asuransi langsung saya jawab ngga.
Adam : Karena kalo sekali aja bilang iya… Yaudah autodebet
Adam : Itu BUKAN salah dia. Karena mas merasa menyetujui
Adam : BUKAN salah asuransinya
Rasyid : Owalaaah  …
Rasyid : Siip – sip
Adam : Autodebet itu langsung memotong saldo di rekening kita
Adam : Jadi bukan hilang gitu aja
Adam : Mungkin sebelumnya mas pernah ditelpon asuransi
Adam : Bisa jadi begitu
Rasyid : Untungnya pak, buku tabungan yang dapat tawaran asuransi tu saldonya 50rb 😌. Penawarannya sekitar 1 bulan lalu.
Rasyid : Jadi malu
Rasyid : Ternyata saya selamat karena saya belum punya banyak uang.
Rasyid : Thanks atas infonya ..
Rasyid : 🙏🙏🙏
Rini : Mau share juga masalah uang boleh?
Rini : Eh CC

Baca Juga : Kabar Gembira!!! WiFi Gratis Dari Google Bakal Hadir Di Indonesia Secepatnya

Firdaus : Ga boleh mbak, bagi-bagi uang baru boleh

Rini : Karena banyak yang jadi korban. Aku juga calon korban untung selamat karena konfirm ke bank dulu. 😁 
Rini : Intinya banyak yang gatau kalau cc atau cd ngga boleh di gesek selain di merchant resmi.  
Rini : Terus no cvv ga boleh ada yg tau. 😁
Adam : Nasabah cerdas.
Adam : Jadi pada intinya buat temen temen yang di daerah, karena target para fr4udster atau penjahat perbankan ini sasarannya orang orang daerah. Kenapa ? Karena jarang nasabah kota seperti Jakarta karena udah melek teknologi semua. Tapi ngga menutup kemungkinan masih ada aja yang kena tipu.
Adam : Ingat jangan mudah memberi data pribadi seperti kode OTP lewat SMS, kode CVV 3 angka di belakang kartu, kode expired kartu, dan sebagainya ke oknum yg mengatasnamakan orang dari perbankan.
Rini : Betul betul betulll
Adam : Karena pihak bank nggak pernah meminta kode OTP, kode CVV, kode expired dan sebagainya ke nasabahnya.
Amir : Blogger tiap hari baca harusnya lebih paham teknologi
Amir : Jadi gapernah baca buku nih. Baca di layar aja udah seabrek abrek
Adam : Jika kartu temen-temen sudah terindikasi target penipuan segera telpon call center banknya dan meminta untuk replaced card atau penggantian kartu baru.
Amir : Sip infonya. Saya orang daerah tapi lumayan update
Maswin : Kalo bank bri saldo ga ada .. Tapi mau di isi lagi bakal kena potongan ga?
Adam : Saya yakin kalo orang dah punya tabungan rekening atau kartu kredit minimal dah tau informasinya kaya gini.
Adam : (Menjawab pertanyaan maswin) Tergantung mas udah berapa lama ga ngisi saldonya
Adam : Kalo di isi saldo pas dicek saldo hilang itu kena biaya bulanan kartu
Adam : Istilah lainnya kena dormaint
Adam : Makanya saldo ATM jangan lama ga di isi-isi
Adam : Kalo udah nggak di isi lama banget kemungkinan di non aktifkan atau kena potongan biaya bulanan
Rini : (Menjawab pesan Adam “jika kartu temen-temen sudah terindikasi target penipuan…”) Betul. Aku yang kapan hari jadi target penipuan by phone itu juga pas tanya ke bank langsung disaranin ganti kartu. Padahal kartuku belum sampe di gesek sama penipue juga.  Manut2-manut aja.  Pokoknya kalo ada apa-apa mending tanya langsung telpon ke CS bank terkait. Buat mastiin apa ada program program yang ditawarkan sama orang yang telpon sebelumnya ( kalo emang tertarik sama tawarannya)
Adam : Ya walaupun saldo nya udh 12000 misal. Terus mas ga isi saldo slama 3 bulan. Ketika di isi saldo langsung lenyap ya itu udah di potong biaya bulanan slama 3 bulan. Paham ya
Adam : (Menjawab pernyataan Rini) Misi penjahat perbankan itu nawarin fasilitas seperti penginapan hotel, tempat rekreasi dan sebagainya.
Rini : Banyak yang komen di blog ku tadi orang yang pada punya cc mas tapi ga tau masalah gesek-gesek mesin edc merchant itu ga boleh. Beberapa ada yang udah jadi korban trus search di google nemu blog ku.
Adam : Mereka bisa bawa EDC skalipun
Adam : Ga ada pihak bank bawa bawa EDC..
Rini : Iya ini modus yang tak share di blog juga. Masih ada aja smpe sekarang yang jadi korban
Adam : Sekalipun itu merchant bawa EDC.. jangn maen kasih aja kartu mba
Adam : Jangan sampe manut atau Nurut aja minta digesek
Adam : Lenyaplah
Adam : Kartu kredit itu sensitif.
Rini : Maksudnya merchant tuh berarti ga dibawa keluar mas.  Mesin edc ga boleh dibawa keliling keliling 😁
Adam : Yang kena korban kita anggap minim informasi
Adam : Bener
Adam : Selama ada orang bawa edc.. ati ati
Adam : Tanya maksud dan kedatangannya
Adam : Nawarin ini itu jangan percaya

Baca Juga : Tidak Bisa Masuk Facebook, Akun Saya Di H*ck !!!

Rini : Betul betul betul

Adam : Kalo dia nawarin mba minimal minta waktu buat nelpon call center bank
Adam : Bener ga
Adam : Kalo ga bener usir itu orang
Rini : Betul. Itu aju gitu.  Penipunya maksa mau ke kantorku saat itu juga.
Rini : Karna aku ngrasa ada yang aneh aku bilang nanti pulang kerja aja. Eh gamau sananya.  Tak tinggal makan siang eh telpon terus.  😁😂
Rini : Abis makan siang aku telpon CS-nya bank.  Ternyata bener itu penipuan. Penipunya pasti bakalan ngebet buruan ketemu kita biar cepet cepet nggesek. Semakin banyak gapapa waktu dari pertama kali dia nawarin semakin besar gagal nipu.  Soale korban keburu sadar.  😂
Adam : Hati hati deh yang punya kartu kredit. Jangan lepas tangan dari pemilik kartu
Adam : Kalau maksa teriak aja
Adam : Kalo nelpon blokir mba
Adam : Sekarang ada aplikasi buat minimalisir penipu lewat telp
Adam : Kalian bisa download true caller
Adam : Di playstore / app store
Adam : Jadi itu aplikasi bisa kasih tau no telepon itu penipu atau tidak
Adam : Silahkan kalian download
Adam : Gratis.
Adam : Namanya True Caller
Adam : (Mengirim gambar)
Waspada Berbagai Macam Modus Penipuan ATM Terbaru
True Caller
Adam : Jadi ketahuan kalo sering dapet SMS hadiah , dan sebagainya
Adam : (Membalas pesan Rini “Abis makan siang aku telpon CS-nya bank…”) Catet ID nya kalo ada.. atau mba minta KTP dia.. kalo dia ga ngasih udh ketahuan dia NIPU 😅
Rini : Wah mantap. Wkwkw
Adam : Gampang kan. Kalo ada orang BNR dari bank atau merchant minta KTP nya mba foto tuh.. terus nelp call center banknya.. kita dah dapet bukti. Dan itu urusannya udah sama pihak kepolisian
Adam : Tapi biasanya mereka juga pintar.. mreka punya KTP palsu..
Rini : Betul betul  syippp.. 
Rini : Tau gitu dulu penipunya tak jebak. Biar ke kantor terus di tahan security – security. 😂😂 ga kepikiran.
Rini : (Menjawab Adam “Tapi biasanya mereka juga pintar.. “) Wadidaww.
Adam : Pokoknya penjahat perbankan sekarang udah pintar dan jago. Makanya nasabahnya jangan bodoh hehe
Adam : Kalo itu udah kita serahkan ke pihak berwajib mba.. bank ga punya kewenangan. Bank tugasnya melindungi nasabahnya dari hal tersebut.
Adam : Terus juga kalo mau ambil uang di ATM.. cari ATM yang rame.. kadang ATM sepi terindikasi kejahatan skimming atau dipasangkan alat oleh oknum ga bertanggung jawab. Atau catat lokasi ATM tersebut dan laporkan ke call center nanti pihak terkait akan datang kesana.
Maswin : (Menjawab pesan Adam “Kalo udah nggak di isi lama banget kemungkinan”) 1 tahunan mungkin soalnya saya sudah pakai mandiri sama jenius tapi BRI nya jadi sayang

Akhir Kata

Nah demikianlah beberapa cerita pribadi serta pengalaman tentang berbagai macam modus dan cara penipu menguras ATM.

Baik modus penipuan ATM tertelan, modus penipuan atm lewat telepon, modus penipuan atm minta tolong transfer dan modus penipuan lewat telepon terbaru.
Banyak hal juga yang dapat kita pelajari dari percakapan tersebut, apalagi orang yang sharing adalah yang sudah berpengalaman.
Semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan serta ilmu pengetahuan kita agar lebih berhati-hari kedepannya dan juga menyadari betapa bahaya memberikan nomor kartu atm ataupun 4 angka akhir kartu atm.
Dari penjelasan diatas kita bisa belajar dari beberapa kasus penipuan atm menurut beberapa pengalaman.

Ingat, pengalaman adalah guru terbaik, jika tidak punya pengalaman maka belajarlah dari pengalaman orang lain.

Nggak mau kan punya pengalaman kaya gini? Yaudah cukup saya dan teman-teman saja, kalian jangan.

Baca Juga : Waspada Virus Ransomware WannaCry!!! Cegah Dengan 7 Cara Ini Sebelum Terlambat!!!

Oke, di penghujung artikel ini saya ingin mengucapkan terima kasih telah berkunjung ke blog Aurora Tekno dan jangan lupa update selalu konten menarik lainnya dari blog ini.

“Kunjungan kalian sangat berharga”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *