Modus Penipuan ATM
Pengetahuan

Waspada Berbagai Macam Modus Penipuan ATM Terbaru

Share kepada temanmu ya bro :)

RajaTips.com ~ Seiring dengan majunya zaman & teknologi, kita harus memahami berbagai macam modus penipuan ATM dan cara penipu menguras ATM seseorang.

Sistem yang dibuat oleh pihak bank memang sudah canggih, namun para penjahat tentu tidak akan berdiam diri saja.

Mereka terus belajar dan belajar bagaimana menembus sistem pertahanan yang diciptakan oleh pihak bank.

Memang tidak bisa dipungkiri, setiap sistem pertahanan yang dibuat oleh manusia pasti ada saja celah dan kekurangannya.

Jadi, sebagai sebagai nasabah kita harus benar-benar waspada tentang hal ini sebelum musibah menimpa.

Salah satu hal penting yang harus kita siapkan yaitu mengetahui cara penipu menguras atm dan berbagai macam modus penipuan ATM terbaru.

Misalnya modus modus penipuan atm tertelan, modus penipuan atm minta tolong transfer, modus penipuan atm lewat telepon dan modus penipuan lewat telepon terbaru.

Kita tentu tidak ingin jika hasil jerit payah perjuangan sehari-hari hilang begitu saja karena tindak kejahatan orang lain.

Maka dari itu, kita harus menyadari betapa pentingnya pengetahuan dan berbagai modus penipuan ATM terbaru agar kita terhindar dari hal tersebut.

Tips Belanja Online Agar Tidak Tertipu & Kualitas Bagus

Kasus Penipuan ATM Terbaru

People And ATM
People And ATM

Banyak sekali kasus penipuan atm yang terjadi akhir-akhir ini, hal tersebut tidak lain karena kesalahan kita sebagai pengguna yang kurang hati-hati.

Saya sendiri pernah menjadi korban modus penipuan ATM lewat telepon, namun itu menjadikan saya pelajaran yang berharga agar tidak mengulangi hal yang sama.

Kita juga harus menyadari betapa bahaya memberikan nomor kartu atm kepada orang lain, bahkan jika orang tersebut adalah pihak bank sekalipun.

Pihak bank tidak seharusnya dan tidak boleh meminta kartu atm dan juga PIN yang kita miliki dengan alasan apapun.

Itu sebabnya saat kita membuat rekening dan memasukkan PIN, seorang CS (Customer Service) bank tidak pernah melihat berapa angka PIN yang kita input.

Pernah sebuah kasus penipuan ATM hampir terjadi. Dimana ada seseorang yang hendak melakukan tarik tunai, namun setelah dia memasukkan kartu ATM ke mesin, tiba-tiba merasa ada hal yang aneh.

Karena curiga, maka dia mengeceknya terlebih dahulu. Apakah kartu ATM-nya bisa keluar atau tidak.

Ternyata macet alias tidak bisa dikeluarkan, dan untungnya dia belum menginput PIN ATM ke mesin tersebut.

Jika saja dia telah memasukkan PIN ke mesin, maka dia telah terkena perangkap / modus penipuan atm yang dinamakan skimming.

Namun tidak cukup sampai disitu, walaupun dia selamat dari kejahatan yang dinamakan skimming, hampir saja dia terkena modus penipuan ATM terbaru.

Karena sedikit panik, akhirnya dia menghubungi nomor telepon yang tercantum pada mesin ATM tersebut, disitu tertera nomor HP yang bisa dihubungi.

Orang tersebut mengaku bahwa dirinya berasal dari pihak bank dan logat penipu telepon tersebut sangat mirip dengan CS (Customer Service) yang biasa bekerja di bank.

11 Tips Sehat Bekerja Di Depan Komputer Jangka Waktu Lama

Walaupun si korban sedikit panik, namun dia sangat hati-hati karena profesinya adalah sebagai satpam.

Saat ditelpon, ternyata orang yang mengaku bekerja di bank tersebut mengajukan pertanyaan yang aneh-aneh.

Dia bertanya nomor rekening, pin dan nama ibu kandung. Akhirnya dengan tegas si korban tersebut menolak untuk memberi tahu data tersebut.

Sempat berdebat beberapa saat, akhirnya si korban tetap bersikeras untuk tidak memberitahukan nomor pin serta nama ibu kandungnya.

Namun esoknya dia melihat berita di tv dimana ada beberapa orang yang ditipu dengan modus penipuan ATM yang sama dengannya.

Saat berita tersebut tayang, sang penipu pun telah ditangkap oleh pihak kepolisian karena melakukan tindak kejahatan berupa penipuan ATM.

Dan parahnya lagi, si pelaku tidak kejahatan tersebut adalah seorang karyawan bank yang bekerja sama dengan penipu lain.

Ini adalah kisah nyata yang diceritakan dari seorang yang hampir saja tertipu oleh modus penipuan atm tersebut, semoga bisa menjadi pelajaran untuk kita.

Modus Penipuan Lewat Telepon Terbaru & Cara Menanganinya

Calling
Calling

Menurut pengalaman dan beberapa kasus yang sering terjadi, logat penipu telepon / logat sang penipu lewat telepon sangat mudah untuk dikenali.

Pertama, dia menggunakan logat yang sangat nyaman untuk di dengar, bahasa Indonesia-nya sangat baik, pelan namun jelas, bahasanya terstruktur dan yang bicara adalah laki-laki.

Sulit untuk membedakan secara logat, namun ada beberapa trik yang bisa kita gunakan untuk mengetahui penipuan ATM lewat telepon :

1. Buat Dia Berlama-Lama Saat Telepon

Menurut pengalaman saya, jika kita terlalu banyak bicara dan terlalu banyak alasan maka orang tersebut akan sedikit marah dan meninggikan suaranya.

Jika demikian, maka bisa dipastikan bahwa orang tersebut adalah penipu. Tetapi hal ini mungkin sudah banyak diketahui.

Jadi si penipu mungkin telah mempersiapkan kesabaran yang tinggi sebelum berhadapan dengan kita.

2. Ajukan Berbagai Pertanyaan

Hampir sama dengan hal diatas, kita juga harus banyak bertanya dan bertanya. Jangan hanya 1-5 pertanyaan saja.

Ajukan pertanyaan yang banyak, kalau bisa sampai 30-50 pertanyaan, dan ujilah kesabarannya.

Selain itu, cek apakah jawaban yang dia lontarkan sesuai atau tidak.

Namun biasanya seorang penipu punya data yang valid dan punya seorang peretas / h4cker handal yang selalu siap siaga memberikan informasi akurat yang kita miliki.

Bahkan saya pernah berhadapan dengan seseorang yang tahu segalanya tentang diri saya.

Logatnya sangat enak untuk di dengar dan hampir sama dengan Customer Service Proffesional pada umumnya.

Dia mengetahui nomor pribadi, jenis kartu, lokasi, jumlah pulsa, paket apa yang digunakan, harganya berapa, alamat rumah, dan lain sebagainya.

Oleh sebab itu, sebenarnya mengajukan pertanyaan saja itu belum cukup.

2. Serahkan Kepada Satpam / Orang Yang Galak Bicaranya

Menurut saya ini adalah langkah yang paling tepat dan paling ampuh untuk dilakukan. Selama menelpon, kita harus membuatnya lama-lama dan segera pergi ke kantor polisi.

Suruh dia mematikan telponnya terlebih dahulu dan telpon lagi nanti dengan alasan pergi ke mesin ATM terdekat, namun sebenarnya anda pergi ke kantor polisi.

Saat sudah sampai, mulailah ngobrol sedikit dan kemudian serahkan ke pihak kepolisian, selanjutnya biarkan pihak berwajib yang menanganinya.

Susah Bangun Tidur? Lakukan 7 Cara Ini. No 4 Paling Ampuh

Jika perlu, suruh pihak kepolisian untuk melacak keberadaan si penipu tersebut.

Dengan begitu, maka anda telah menyelamatkan orang lain sebelum si penipu tersebut mencari target/korban lain.

Jika tips tersebut dirasa repot, kita bisa menyerahkan telpon tersebut ke keluarga terdekat yang mempunyai logat keras agar orang disana merasa takut.

Jika kondisi tidak memungkinkan, biasanya sang penelpon pertama dari penipu akan menyerahkan telpon ke temannya, dan teman tersebut akan meluapkan amarahnya kepada kita.

Akhir Kata

Nah demikianlah beberapa cerita pribadi serta pengalaman tentang berbagai macam modus dan cara penipu menguras ATM.

Baik modus penipuan ATM tertelan, modus penipuan atm lewat telepon, modus penipuan atm minta tolong transfer dan modus penipuan lewat telepon terbaru.

Semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan serta ilmu pengetahuan kita agar lebih berhati-hari kedepannya dan juga menyadari betapa bahaya memberikan nomor kartu atm ataupun 4 angka akhir kartu atm.

Dari penjelasan diatas kita bisa belajar dari beberapa kasus penipuan atm menurut beberapa pengalaman.

Ingat, pengalaman adalah guru terbaik, jika tidak punya pengalaman maka belajarlah dari pengalaman orang lain.

Nggak mau kan punya pengalaman kaya gini?

Yaudah cukup saya dan teman-teman saja, kalian jangan.

9 Cara Membuat Tulisan Unik Di WA Paling Keren

Oke, di penghujung artikel ini saya ingin mengucapkan terima kasih telah berkunjung ke blog RajaTips.

Jangan lupa follow sosmed kami untuk mendapatkan update konten menarik lainnya dari blog ini.

Share kepada temanmu ya bro :)

Dapatkan tips & trik menarik, keren dan terbaru setiap minggunya dengan cara join grup telegram dan subscribe Channel Youtube Raja Tips

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *