Apa Itu Script
Artikel Komputer, Pengetahuan

Script : Pengertian, Jenis, Contoh & Penerapannya

Script (atau biasa disebut bahasa pemrograman) adalah sebuah istilah yang akan sering kita dengar jika sudah berkecimpung di dunia komputer dan teknologi.

Dalam bahasa Inggris, script adalah naskah. Namun arti secara umum lebih luas lagi, karena skrip terbagi menjadi beberapa jenis dan mempunyai fungsi yang berbeda.

Sebelum berbicara mengenai apa arti script, mari kita contohkan ilustrasinya terlebih dahulu, tujuannya agar kalian lebih mudah memahami penjelasannya.

  • Ilustrasi Pertama : Untuk membuat halaman web seperti yang sedang kalian baca sekarang, saya membutuhkan script-script khusus berupa javascript/html yang dirancang untuk menerjemahkan situs web tersebut menjadi halaman yang interaktif serta terlihat menarik
  • Ilustrasi Kedua : Ketika membuat suatu aplikasi/game, kita pasti menyisipkan suatu perintah. Misalnya jika tombol play ditekan, maka permainan akan segera dimulai. Nah perintah ini membutuhkan sebuah bahasa yang bisa dimengerti oleh mesin, perintah tersebut tidak lain adalah script
  • Ilustrasi Ketiga : Saat hendak membuat video dengan konsep yang rumit dan kompleks, kita membutuhkan script untuk mempermudah penyampaian dan maksud. Nah, kalau contoh ketiga ini adalah skrip dalam arti yang lain (akan saya jelaskan di akhir artikel, silahkan lihat daftar isi untuk lebih mudah)

Pengertian Script

Jika mengacu pada ilustrasi diatas, sebenarnya kita sudah bisa menyimpulkan apa itu script secara umum.

Berikut 2 pengertian bahasa pemrograman atau skrip menurut beberapa sumber :

1. Menurut Fine Blogge (Ditulis Oleh Hach Smith)

Script adalah bahasa yang digunakan untuk menerjemahkan setiap perintah pada sebuah situs/aplikasi agar bisa di akses oleh manusia.

Sebuah skrip pemrograman adalah kode yang dapat meningkatkan fungsionalitas dari sebuah situs web ataupun aplikasi.

Semakin banyak skrip yang digunakan maka akan terlihat semakin menarik, interaktif dan terlihat lebih bagus (namun biasanya loadingnya akan lebih lama).

2. Menurut Wikipedia

Scripting language atau script adalah bahasa pemrograman yang menyediakan fasilitas penerjemahan serta kompilasi kode dalam satu rangkaian proses secara integratif sehingga memungkinkan kode dibuat dapat langsung dijalankan sebagai program secara dinamis.

Apa Itu Ransomware Wannacry, Efek & 7 Cara Mencegahnya

Jika disimpulkan, script adalah sebuah jenis bahasa yang digunakan pada sebuah aplikasi, program atau situs untuk menjalankan perintah dan menerjemahkannya kedalam suatu tampilan yang lebih fungsional dan menarik untuk dilihat (fungsi dan tampilan).

Awalnya, script juga sering disebut sebagai batch language karena tujuan awalnya dibuat adalah untuk membantu administrator dengan cara mengotomatisasi perintah-perintah dalam 1 proses (batch).

Pada intinya, skrip dibuat untuk tujuan memudahkan manusia ketika memberikan suatu perintah kepada komputer, atau saat ingin menerjemahkan perintah kedalam sebuah tampilan yang menarik.

Seperti pada ilustrasi diatas, ketika membuat suatu halaman web kita harus memasukkan script-script khusus yang tidak mudah dipahami oleh manusia dan terlihat rumit (bahasa scripting).

Namun dengan bantuan script tersebut, konversi akan dilakukan dan kita bisa menciptakan sebuah web yang interaktif dan terlihat menarik untuk dilihat oleh semua orang.

Sejarah Singkat Script

History
Old Computer

Di awal era komputer mainframe tahun 1950-an, dimana semua komputer belum bersifat interaktif, semua proses dilakukan dengan batch (batch berisi serangkaian instruksi yang dieksekusi dalam 1 proses).

IBM Job Control Language (JCL) diketahui merupakan salah satu bahasa skrip tertua yang digunakan untuk mengontrol proses batch.

Sistem antarmuka berbasis text interaktif pertama dikembangkan pada tahun 1960-an dimana seorang pengguna bisa berinteraksi secara langsung dengan komputer tersebut.

Jadi, pada saat itu setiap perintah yang dimasukkan oleh user/pengguna akan langsung dieksekusi oleh sistem (bukan dalam bentuk batch).

Mantap!!! Mode Ultimate Performance Hadir Di Windows 10

Bahasa pemrograman tertentu seperti Tcl dan Lua secara spesifik didesain untuk keperluan umum serta dapat disisipkan sebagai pustaka ke dalam aplikasi utama sehingga menyediakan fitur eksekusi skrip dalam berbagai jenis aplikasi.

Bahasa yang lain seperti Visual Basic (VBA) menyediakan integrasi yang serba otomatis dengan sistem dan fitur yang kaya, sehingga administrator bisa melakukan banyak hal secara terotomatisasi.

Meskipun begitu, keberadaan fitur serta kapabilitas dari VBA ini seringkali disalahgunakan oleh kelompok tertentu untuk membuat virus komputer.

Jenis-Jenis & Contoh Script

Project Engineer Programming Software
Programmer Engineering And Coding

Seiring berjalannya waktu dan perubahan zaman, script mengalami berbagai perkembangan.

Berikut beberapa jenis skrip yang populer dan telah banyak digunakan :

1. Script Berbasis Server

Sesuai dengan tujuannya, implementasi/penerapan skrip jenis ini adalah pada komputer server (server-side). Sebagai pengguna, kita hanya dapat menikmati hasil akhirnya saja.

Berikut beberapa contoh bahasa pemrograman untuk server :

  • Python : Merupakan jenis bahasa pemrograman interpretatif yang populer digunakan di seluruh dunia untuk membuat situs web, algoritma, dan membantu penyederhanaan proses otomatisasi. Python sangat erat kaitannya dengan Data Science, Machine Learning dan Internet Of Things (IoT). Melalui Python, sebuah program akan menjadi lebih ringkas, sehingga memberikan keleluasaan bagi para developer untuk mengembangkan fitur baru pada sebuah aplikasi atau web
  • ColdFusion : ColdFusion adalah server aplikasi dan framework pengembangan perangkat lunak, khususnya situs web dinamis. ColdFusion merupakan tekologi pertama yang memungkinkan administrator dapat membuat situs web dinamis yang terhubung dengan data backend. ColdFusion ini menggunakan fitur scripting ColdFusion Markup Language (CFML) dan mendukung bahasa pemrograman lain
  • JSP (Java Server Pages) : Ini merupakan bahasa pemrograman yang berjalan pada platform java. JSP dapat berupa gabungan antara baris HTML dan fungsi dari JSP itu sendiri. Berbeda dengan yang lain, JSP tidak perlu melakukan kompilasi terlebih dahulu sebelum dijalankan
  • Perl : Perl merupakan bahasa pemrograman tingkat tinggi yang bersifat dinamis dan bisa digunakan untuk mengembangkan program atau aplikasi. Perl bersifat open source sehingga mempermudah proses pelaporan
  • PHP : Sama seperti Perl, PHP adalah bahasa pemrograman server-side yang bersifat open source. Karena PHP merupakan server-side, maka script dari PHP ini nantinya akan diproses di server. Jenis server yang sering digunakan bersama dengan PHP antara lain adalah Nginx, Apache dan LiteSpeed
  • Ruby : Ruby juga merupakan scripting language berbasis open source yang dirilis pertama kali pada tahun 1995 (mengalami update pada tahun 2011) dan cocok untuk programmer pemula. Kabarnya, Ruby semakin populer terutama ketika digunakan dengan Framework Rails. Contoh platform yang dibangun dengan Ruby antara lain adalah Twitter, Groupon, Hulu dan Airbnb

2. Script Berbasis Client

Kebalikan dari jenis pertama, skrip untuk client memungkinkan pengguna dapat melakukan perintah secara langsung di komputernya.

Berikut beberapa contoh bahasa pemrograman berbasis client :

  • JavaScript : Salah satu jenis bahasa pemrograman yang digunakan untuk pengembangan situs web agar lebih terlihat interaktif dan dinamis. JavaScript bisa meningkatkan fungsionalitas pada halaman web, misalnya dengan membuat aplikasi, tools dan game pada web. JavaScript atau yang biasa disebut dengan JS tergolong sebagai bahasa pemrograman yang interpreter, sehingga tidak membutuhkan complier untuk menjalankannya. JS juga mempunyai fitur seperti berorientasi objek, client-side, high-level-programming, dan loosely typed
  • Java (Plugin) : Merupakan bagian dari Java Runtime Environment (JRE) yang memungkinkan browser bekerja dengan platform java untuk menjalankan applet java dan dieksekusi di browser
  • VBScript : Visual Basic Scripting Edition dikembangkan oleh Microsoft Corporation pada tahun 1996 yang sering digunakan pada browser Internet Explorer. VBScript juga dapat dijalankan langsung menggunakan aplikasi Notepad. Selain itu, VBScript merupakan varian dari visual basic

Membuat Program Sederhana

Eitsss jangan beranjak dulu, karena admin akan berbagi hal unik yang dapat kalian pelajari sebagai pemula.

Tapi perlu ditegaskan lagi bahwa ini hanya contoh sederhana.

Jika ingin membuat yang lebih bagus & menarik lagi, mungkin akan saya bahas di lain artikel.

Berhubung saya telah menuliskannya, maka untuk lebih jelasnya silahkan lihat pada postingan berikut ini :

3 Cara Mengungkapkan Perasaan Lewat Aplikasi/Script

Cara Membuat Password Folder Pakai Notepad, Simpel!!!

Jika kalian seorang pemula dan ingin mencoba beberapa trik diatas, silahkan lakukan sesuai panduan agar berhasil.

Kalian juga bisa memodifikasi skrip tersebut sesuai dengan keinginan masing-masing.

Pengertian Script Dalam Pembuatan Video

Script Video
Naskah Video

Nah kalau script yang ini beda lagi ya sob!

Kenapa saya bahas juga?

Karena siapa tau yang mampir kesini adalah orang yang sedang mencari pengertian script dalam pembuatan video.

Fungsi script/naskah video adalah sebagai konsep dasar video yang akan dibuat. Naskah ini digunakan sebagai panduan sehingga selama pembuatan video, ide, alur, pesan dan tujuannya bisa tersampaikan dengan baik (tidak melenceng).

Meskipun kita shooting video sendiri dan sudah punya ide, kalau tidak dituangkan dalam bentuk naskah maka bisa saja konsep dan ide tidak terlaksana dengan baik.

Misal ada adegan, shoot, catatan penting yang terlewat. Mungkin karena lupa, tidak bisa konsentrasi dan kadangkala merekam sesuatu yang kurang penting.

Nah untuk itulah kita perlu menggunakan script/naskah video.

Cara Setting Microphone Laptop Agar Suara Jernih & Keras

Proses pembuatan naskah sendiri berasal dari ide dan gagasan pokok tentang apa yang ingin kita sampaikan dalam video.

Untuk lebih jelasnya, kalian bisa cek video dibawah ini :

Nah sob, demikianlah artikel tentang apa itu script secara umum dan spesifik, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di lain artikel.

Mau ngeshare artikel ini aja saya udah berterima kasih banget kok 😊

Dapatkan tips & trik menarik, keren dan terbaru setiap minggunya dengan cara subscribe Channel Youtube Raja Tips

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *