Hal Yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Cloud Hosting
Lainnya

10 Hal Yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Cloud Hosting

Para penggiat online seharusnya memilih hosting yang efisien tapi punya performa bagus. Jika kamu belum mengetahui apa itu cloud hosting dan cara kerjanya, sayang sekali untuk melewatkannya.

Karena jenis hosting (layanan penyimpanan) yang satu ini akan mewujudkan impianmu untuk membangun website/layanan dengan biaya minimal, tapi performanya maksimal!

Jadi, cloud hosting murah harusnya menjadi salah satu opsi yang perlu kamu pertimbangkan.

Disini, kamu akan mengetahui lebih lanjut tentang manfaat dan kelebihan layanan penyimpanan cloud (awan) untuk berbagai kebutuhanmu.

Apa Itu Cloud Hosting?

Apa Itu Cloud Hosting
Definition

Cloud hosting adalah sebuah layanan penyimpanan awan/cloud/internet yang menggunakan beberapa server sekaligus untuk menyimpan dan menangani traffic yang masuk ke website/layanan yang kita buat.

Sistem ini terdiri atas cluster atau kumpulan server yang berpusat pada sebuah sistem utama.

Singkatnya, sistem ini bisa dibilang sebagai hybrid model.

Dengan kata lain, terdapat 2 atau lebih sumber daya yang menangani permintaan user dalam 1 waktu, sehingga beban tiap server seharusnya makin ringan.

Berbeda halnya dengan sistem server terpusat (hanya berada pada 1 titik), dimana jika server utama down/mengalami masalah maka seluruh layanan milikmu tidak bisa diakses sama sekali.

Sedangkan pada cloud hosting, jika server utama sedang mengalami masalah, maka sistem-sistem cadangannya akan bekerja untuk memenuhi permintaan para pengunjung situs.

Mengapa Menggunakan Layanan Hosting Ini?

Paragraf di atas telah menjelaskan pengertian apa itu cloud hosting. Tetapi apakah kamu tahu mengapa apa alasan mengapa harus menggunakan layanan server ini?

Jika belum, silahkan simak hal berikut agar kamu memahami lebih dalam tentang layanan tersebut.

  1. Memberikan akses berkecepatan tinggi kepada para pengunjung laman sebab tidak ada pengguna internet yang mau menunggu lama
  2. Memuat konten visual seperti gambar dan video dengan lebih cepat supaya waktu loading situs tidak banyak mengganggu pengunjung
  3. Kamu pasti membutuhkan sumber daya cadangan serta penyimpanan data yang tidak mengganggu kinerja server
  4. Apabila kamu mempunyai laman internet yang harus selalu siap 24 jam dengan traffic yang tinggi, kamu perlu sistem penyimpanan yang memadai, dan cloud hosting adalah jawabannya

Macam-Macam Fungsi Cloud Hosting

Network Infrastructure
Cloud Types

Seharusnya, kamu telah mengetahui apa yang dimaksud cloud hosting dan persiapan penggunaan sistem ini.

Sekarang kamu juga perlu tahu macam-macam fungsi dari jaringan hosting ini, antara lain :

1. Menstabilkan Performa Situs/Layanan

Kamu pasti pernah mengalami kecepatan internet yang naik-turun di waktu-waktu tertentu.

Selain karena faktor diluar teknis (seperti gangguan cuaca), ini juga bisa disebabkan karena tingginya lalu lintas/traffic, yang mana juga dipengaruhi oleh jenis hosting yang digunakan.

Nah jenis hosting awan ini akan berperan untuk menstabilkan jaringan internet agar performa situs/layananan tersebut lebih stabil saat diakses (tidak naik turun).

2. Membuka Ruang Lebih Bagi Pengunjung

Semakin banyak pengguna internet yang mengunjungi sebuah situs, semakin besar pula beban yang harus ditanggung oleh sistemnya.

Sebagai pemilik situs/layanan, hal ini tidak boleh dibiarkan begitu saja. Sebab ini bisa menyebabkan pengalaman & citra buruk bagi pengunjung.

Nah cloud hosting ini hadir sebagai solusi untuk mengelola sumber daya atau processing power pada server.

Tujuannya adalah untuk membuka ruang atau celah bagi pengunjung situs demi mengurangi beban kinerja sistem agar performanya lebih powerfull.

3. Membantu Pengelolaan Data Dalam Situs

Apapun jenis data yang tersimpan di dalam server, baik itu dokumen, gambar, video, maupun histori kunjungan, pasti perlu ruang penyimpanan.

Jika server tidak mempunyai ruang penyimpanan yang cukup, maka pengelolaan data akan terganggu.

Sistem hostingan awan ini untungnya menyediakan cluster server cadangan yang siap bekerja sama dengan sistem utamanya.

Dengan begitu, maka semua data yang ada dalam situs milikmu bisa dikelola dengan cepat & efisien.

Keunggulan Menggunakan Cloud Hosting

Network Flow
Flowchart

Berikut beberapa keunggulan menggunakan penyimpanan awan/cloud sebagai pilihan utama :

1. Sistem Yang Mudah Digunakan

Fitur-fitur dalam hosting awan ini cenderung mudah digunakan karena sifatnya yang user-friendly atau ramah terhadap pengguna baru.

Misalnya, jika suatu saat ada peningkatan jumlah pengunjung situs, hosting berbasis awan ini dapat menaikkan kapasitas server tanpa harus membeli perangkat tambahan lain.

Sifat sistemnya yang mudah dipakai juga bisa membantu pemilik server untuk mengembalikan data yang hilang (data recovery).

Maksudnya adalah pemilik server akan mempunyai data cadangan di beberapa server yang terpisah dari server utama hosting awan.

2. Biaya Pemasangan Tergolong Fleksibel

Paket standar layanan hostingan awan memang tergolong lebih mahal harganya daripada paket hosting internet konvensional.

Namun sistem hosting awan ini memiliki beragam kemudahan. Tidak hanya dalam pemakaiannya, tetapi juga dalam urusan pembayaran per-bulannya.

Salah satu kemudahannya adalah sistem pay-as-you-go, yang artinya kamu hanya membayar sesuai jumlah data yang kamu pakai.

Hal ini kadangkala akan sangat berguna untuk mengurangi pengeluaran bulanan kamu.

3. Penggunaan Sumber Daya Lebih Efisien

Sesuai penjelasan diatas, semakin banyak pengunjung yang mengakses situs/layanan milikmu maka performa server akan terus menurun.

Sistem hostingan konvensional biasanya kurang efisien dalam mengatur penggunaan sumber dayanya, sehingga berakibat pada server yang mendadak macet/error/down.

Namun dengan penggunaan cloud server, kita bisa terhindar dari masalah semacam itu, sebab cloud ini menggunakan beberapa sistem cadangan untuk mengalihkan traffic yang berlebihan.

Bahkan pada beberapa kasus, hosting konvensional perlu menggunakan layanan pihak ketiga untuk mengatasinya, jadi CDN adalah salah satu jawabannya.

Namun itu juga tidak banyak membantu jika server utama kita yang menjadi sasaran orang tertentu dalam melakukan kejahatan.

Pada akhirnya, cloud hosting tetap menjadi pilihan yang tepat untuk urusan keamanan, kemudahan dan jaminan.

Deep Web Dan Segudang Rahasia Didalamnya

Sudah Paham Mengenai Pengertian Cloud Hosting, Fungsi, Dan Kelebihannya?

Oke, itulah seklias artikel mengenai apa itu cloud hosting beserta cara kerja dan keunggulannya.

Sesuai judul, total ada 10 hal yang dapat kamu tangkap di artikel ini, meliputi :

  • Alasan untuk menggunakan (4)
  • Fungsi (3)
  • Keunggulan (3)

Apakah kamu tertarik untuk membeli layanan hosting berkualitas bagus tetapi murah?

Silakan berkunjung ke Niagahoster, penyedia jasa hostingan internet yang harganya terjangkau!

Daftar melalui link ini untuk mendapatkan diskon atau masukkan kupon rajatips sebelum melakukan pembayaran.

Klik tombol share untuk mendapatkan pahala gratis :)

Leave a Reply

Your email address will not be published.