Rekomendasi Aplikasi Android Yang Wajib Diinstall
Artikel Android

17 Rekomendasi Aplikasi Android Yang Wajib Diinstall

Mampir kesini sedang mencari rekomendasi aplikasi android yang benar-benar akan membantu kita dalam kegiatan sehari-hari (apl paling berguna)

RajaTips.com ~ Saya yakin orang yang mampir kesini sedang mencari rekomendasi aplikasi android yang benar-benar akan membantu kita dalam kegiatan sehari-hari (apl paling berguna).

Saya pun dulu begitu, sering mencari-cari aplikasi unik dengan berbagai macam kegunaan sampai-sampai memory card saya penuh gara-gara menyimpan banyak sekali aplikasi android.

Namun itu sudah tidak saya lakukan lagi, mengingat aplikasi android sering sekali ada update dan tentu saja aplikasi versi lama banyak yang tak bisa diinstall di HP sekarang.

Nah dari hasil melanglang buana kesana kemari, akhirnya saya menemukan beberapa aplikasi wajib yang harus diinstall di HP android kita.

Rekomendasi Aplikasi Android Wajib Diinstall

1. ZArchiver

Ini termasuk aplikasi file manager favorit saya. Tapi selain pilihan saya pribadi, para content creator sering menggunakan aplikasi ini untuk keperluan ekstrak file rar/zip dan berbagai keperluan lainnya.

Saya pun pernah melakukan uji coba dengan mengekstrak file rar & memindah file biasa menggunakan file manager biasa vs ZArchiver.

Hasilnya pun sangat signifikan, lebih cepat menggunakan ZArchiver dibanding file manager biasa.

Walaupun saya belum melakukan riset lebih lanjut, namun pengguna yang sangat banyak juga sudah menjadi bukti bahwa ZArchiver memang pantas untuk dijadika rekomendasi.

Terlebih lagi dengan tampilan yang sederhana namun dapat menjangkau direktori dengan mudah (terutama dengan fitur “folder favorit“), ini membuat pekerjaan akan lebih singkat.

2. PicsArt

Edit foto memang termasuk yang banyak jenisnya, pernah juga saya bahas di postingan tentang 5 aplikasi edit foto terbaik.

Namun untuk urusan ilustrasi dan manipulasi, PicsArt merupakan aplikasi android terbaik yang wajib kalian install.

Awalnya saya juga menggunakan PicsArt untuk mengedit gambar yang akan diposting di blog.

Dan tidak hanya pekerjaan sesederhana itu, bahkan PicsArt juga digunakan untuk membuat livery bus simulator indonesia.

Padahal jika dilihat secara kerumitan, biasanya edit gambar seperti itu memerlukan aplikasi komputer seperti Adobe Photoshop dan Corel Draw, namun ternyata dengan PicsArt saja bisa.

3. Lightroom

Karena saya suka Fotografi, Lightroom merupakan salah satu aplikasi yang wajib ada di smartphone.

Dengan Lightroom, kita bisa menciptakan foto dengan saturasi warna yang begitu menakjubkan.

Tidak percaya?

Lihat contoh kecilnya di postingan : Edit Foto Jadi Keren Banget!!! Cuma Modal Android (Full Tutorial).

Itu hanya contoh kecil, masih banyak foto yang lebih bagus dan sengaja hanya saya simpan di HP, yang tau ya hanya teman-teman dekat saja 😁.

4. Colornote

Saya nggak tau harus bilang apa, saya sangat berterima kasih dengan pembuat aplikasi ini, pasalnya saya sangat sangat sangat terbantu sekali dengan adanya aplikasi ini.

Bahkan dengan jumlah unduhan mencapai 100 juta dengan 3 juta ulasan, Colornote mendapatkan rating hampir sempurna, yaitu 4.8.

Ini merupakan prestasi langka ditengah budaya barbarnya warga indonesia yang suka menghujat karya orang 🤣.

Tips Memilih Smartphone Android Berkualitas Agar Tak Menyesal

Aplikasi ini juga suatu saat akan menjadi bukti atas ratusan curahan perasaan yang saya simpan di notes tersebut.

Selain untuk menyimpan teks penting dan curahan perasaan, saya juga sering menciptakan kata motivasi yang tiba-tiba terlintas di pikiran.

Tampilan aplikasinya juga elegan dan mudah untuk memisahkan jenisnya. Kalau pindah HP, tinggal cadangkan dan pulihkan, selesai.

5. Shareit

Sebenarnya saya tak ingin merekomendasikan aplikasi ini, namun dulu Shareit merupakan aplikasi yang sangat menolong saya di tahun awal-awal baru ada HP android.

Dulu, Shareit merupakan satu-satunya aplikasi transfer file & aplikasi tercepat karena menggunakan jalur wifi dan hotspot.

Walaupun sekarang jadi nggak jelas dan kebanyakan iklan, namun masih saya gunakan karena aplikasi lain belum ada yang se-stabil ini, paling yang mendekati yaitu Xender.

6. XRecorder

Sebagai content creator di Youtube, saya juga sering melakukan rekaman langsung di HP Android.

Setelah menggunakan beberapa aplikasi perekam layar (screen recording), untuk saat ini XRecorder merupakan yang terbaik.

Aplikasi ini punya kualitas tinggi dengan dukungan edit video langsung dari aplikasinya.

Tidak hanya itu, penyetabilan FPS, banyaknya fitur dan kualitas videonya juga tidak perlu diragukan lagi.

Aplikasi ini memang diciptakan untuk keperluan screen recorder dengan berbagai macam kelengkapan fiturnya.

7. Poweramp

Pengguna android di tahun 2014 pasti tahu dengan pemutar musik legendaris ini, bahkan mungkin mereka masih menggunakannya.

Kemarin saya juga ngobrol di grup Sony, bahwa Poweramp memang diakui punya kualitas audio yang sangat baik sampai-sampai mereka menunggu diskon unlockernya.

8 Cara Ampuh Agar Kamera HP Kembali Jernih Seperti Baru

Walaupun berbayar, namun kita bisa menikmati trialnya selama beberapa minggu.

Jika trial habis, kita bisa menghapus data dan restart HP, lalu lakukan itu sebanyak 2-3x. Setelah itu kita bisa menikmati masa trialnya lagi.

Poweramp akan sangat cocok bagi kalian yang suka ngotak atik equalizer dan memutar musik melalui Headset atau Speaker.

8. Kamus & Terjemahan

Sebagai orang yang suka dengan motivasi, saya sering mendengarkan inspirasi dari seorang Larry Page, ya itu adalah salah satu idola saya (untuk urusan mindset).

Tidak mungkin kan Larry Page berbicara dengan bahasa Indonesia?

Maka dari itu, saya sering menggunakan Kamus Inggris-Indonesia & Google Translate untuk menerjemahkan kata-kata yang belum saya ketahui artinya.

Tidak hanya itu, saat menerjemahkannya pun kadang ada istilah bahasa indonesia asing yang belum saya ketahui, maka dari itu saya pun membutuhkan aplikasi KBBI.

9. Google Keyboard

Keyboard bawaan HP memang sudah pasti ada, namun feel akan terasa sangat berbeda.

Dengan beribu-ribu hasil risetnya, perusahaan sekelas Google memang selalu mengedepankan kenyamanan pengunjung.

Dan ini terbukti pada salah satu produk aplikasi yang diciptakannya, yaitu Gboard. Dimana aplikasi ini sangat nyaman untuk digunakan.

Walaupun menurut saya masih ada sedikit kekurangan, namun fitur yang saya butuhkan di keyboard Asus sudah terpenuhi disini

Tetapi kembali kepada fungsi utamanya, yaitu urusan ketik-mengetik. Menurut saya, mengetik menggunakan aplikasi Gboard hampir sama seperti mengetik di keyboard sungguhan 🤣.

10. UC Browser

Jangan berpikiran kotor dulu ya, walaupun banyak yang menggunan browser ini untuk menonton video yang aneh-aneh, namun kalian jangan tiru loh 🤣.

UC Browser akan sangat berguna untuk urusan download-mendownload file ukuran besar ataupun kecil.

Mengingat aktivitas kita di google chrome akan selalu direkam dan sangat sensitif terhadap file seperti mod game.

Menggunakan UC Browser akan terhindar dari masalah sepele seperti tadi. Dan tentunya, browser ini aman digunakan untuk berbagai keperluan.

11. Galeri

Ngapain download Galeri? Bukannya di HP kita sudah ada?

Memang begitu, tapi tahukah kalian apa saja fitur aplikasi Galeri yang saya rekomendasikan disini?

Galeri ini sangat ringan untuk membuka foto, cepat, tampilan sederhana namun elegan, sembunyikan album dengan password dan banyak sekali opsi yang bisa kita pilih/atur.

Sebenarnya saya belum lama menggunakan aplikasi ini, dan sepertinya aplikasi ini belum lama ada di playstore (sok tau aja sih :v).

Dan untuk urusan rating, tidak perlu diragukan lagi. Galeri ini mendapatkan rating 4.6 dengan 151 ribu ulasan, amazing.

Pokoknya, harus kalian install deh, nanti buktikan sendiri hasilnya.

12. 4G Switcher

Buat kalian yang sering mengeluh dalam hal koneksi/jaringan, aplikasi ini wajib kalian install di Smartphone.

Kalian bisa mengunci jaringan apa yang kalian suka. Jadi tidak ada kejadian tiba-tiba jaringan ganti 3G atau 2G ketika sedang asiknya bermain game.

Kalian juga bisa mengunci ke jaringan 3G jika 4G sudah terlalu padat trafficnya. Saya pun sudah menjelaskan hal ini pada artikel tentang cara mengunci jaringan ke 3G atau 4G.

13. Shazam

Apakah kalian sering penasaran ketika mendengar sebuah lagu namun tidak tahu siapa artis dan juga judul lagunya?

Shazam akan membantu kita dalam mencari tahu judul lagu dan siapa artis yang menyanyikannya hanya dalam beberapa detik saja.

Selain Shazam, saya juga menggunakan aplikasi lain seperti Musixmatch dan Soundhound. Jadi, ketika ada musik aneh yang tidak terdeteksi di Shazam saya masih punya alternatif aplikasi lain.

14. Alarm Clock Extreme

Walaupun alarm bawaan HP sudah pasti ada, namun seringkali alarm tersebut sia-sia saja dipasang.

Pasalnya, saat alarm berbunyi akan mudah bagi kita menunda ataupun mematikan alarm tersebut.

Berbeda dengan Alarm Clock Extreme, kita bisa memaksa diri sendiri agar tetap bangun walaupun keadaan sedang sangat mengantuk.

Bayangkan, ketika anda bangun, anda disuruh menyelesaikan hitungan rumit dan jika tidak terselesaikan alarm tersebut akan terus berbunyi?

Pasti mau tidak mau kalian akan bangun karena harus mengumpulkan konsentrasi untuk menjawab teka-teki yang ada.

Namun saran saya alarm pertama tidak perlu ada hitungan, alarm kedua jangan terlalu rumit dan alarm ketiga dibuat serumit mungkin agar kita tidak terbangun secara kaget & dalam kondisi marah.

Saya juga pernah merekomendasikan Alarm Clock Extreme ini di postingan solusi mudah untuk bangun pagi.

15. WPS Office

Untuk keperluan pembelajaran, saya sering berurusan dengan file microsoft word, excel dan power point.

Dalam keadaan mendesak dan sedang diluar ruangan, tidak mungkin bagi kita untuk membuka file tersebut di laptop.

Memang, saat ini sudah ada aplikasi Microsoft Office untuk android. Namun aplikasi tersebut lumayan besar dan dipisah berdasarkan keperluan (Word, Excel, PDF dan Power Point).

Sebagai solusi termudah, kita bisa menginstall 1 aplikasi untuk seluruh keperluan tadi, yaitu Word, Excel, PDF dan Power Point, yakni WPS Office.

Kita bisa menunjukkan hasil presentasi tanpa harus menyalakan laptop, tapi dengan smartphone saja sudah cukup.

Menarik bukan?

Inilah Penyebab Dan Cara Mengatasi HP Yang Cepat Panas

16. Kinemaster

Beralih ke edit video, Kinemaster merupakan aplikasi edit video terbaik di Android untuk berbagai keperluan.

Bahkan aplikasi ini sering dipakai oleh youtuber pemula ketika belum mempunyai PC atau laptop untuk mengedit.

Namun jangan salah, walaupun terlihat sederhana tapi kita bisa menciptkan video menakjubkan, baik cinematic, milkyway maupun yang lainnya.

Terlebih lagi, ada layer editing seperti di Adobe Premiere Pro yang akan sangat membantu kita dalam membuat video yang kompleks & rumit.

17. Greenify

Menurut saya (dan hasil riset), hampir selururh aplikasi pembersih sampah dan pengosong RAM yang ada di playstore saat ini hanyalah bullshit (bohongan).

Inilah mengapa saya tidak merekomendasikan aplikasi pembersih sampah seperti Clean Master, CC Cleaner, DU Speed Booster dan sebagainya.

Karena saya sendiri telah membuktikannya selama bertahun-tahun, dan ternyata aplikasi tersebut hampir tidak berguna sama sekali.

Walaupun berguna, paling efeknya tak sampai 5 menit dan setelah itu ponsel akan lambat lagi. Dan parahnya, aplikasi yang katanya membersihkan itu malah bikin kinerja tambah lambat.

Satu-satunya aplikasi yang paling efisien dalam hal kinerja, efektifitas dan hemat ruang (RAM dan Internal) adalah Greenify.

Saya bukan sales ataupun penulis yang dibayar oleh Greenify, namun saya membuktikannya sendiri bagaimana Greenify itu bekerja.

Awalnya, aplikasi ini saya gunakan setelah hp saya di root. Dan awal mula saya memakainya pun sangat terkagum-kagum.

Maklum HP di tahun 2014 masih kentang-kentang semua, jadi kalau ada aplikasi yang benar-benar memberikan efek akan langsung kelihatan & sangat terasa manfaatnya.

Salah satunya ya aplikasi legendaris ini, Greenify.

Walaupun dulu Greenify hanya diperuntukkan pada HP yang sudah di root, namun sekarang developer menyadari bahwa tidak semua pengguna mahir ngoprek.

Jadi, dikembangkanlah versi baru yang tidak memerlukan root, namun sistem android kalian harus diatas Marsmallow (6.0).

Saya juga telah membahas bagaimana cara menggunakan greenify pada postingan tentang cara mempercepat kinerja android.

Kesimpulan

Seluruh aplikasi yang saya rekomendasikan diatas tentunya tidak lepas dari kebutuhan kita sehari-hari.

Mungkin saja diantara kalian ada yang tidak suka & tidak pernah ngedit video di HP, maka Kinemaster sudah tidak diperlukan lagi disini.

Namun sekali lagi pembaca artikel ini pasti sangat berbeda dari segi minat dan kebutuhan. Jadi, silahkan menyesuaikan.

Persiapkan Hal Ini Sebelum HP Androidmu Hilang / Dicuri Orang

Sebenarnya masih ada beberapa rekomendasi aplikasi yang akan sangat membantu kita dalam menjalani aktivitas sehari-hari, namun untuk saat ini saya hanya menunjukkan 17 terlebih dahulu.

Akhir Kata & Pesan

Pesan terakhir yang bisa saya sampaikan adalah :

Tekologi akan terus berkembang, segalanya bisa berubah. Bisa saja tiba-tiba akan ada developer yang menciptakan aplikasi baru yang benar-benar efektif & efisien“.

Kita tunggu saja tanggal mainnya 😀.

Apakah Dark Mode Bisa Menghemat Baterai? Ini Jawabannya

Sementara itu yang dapat saya sampaikan mengenai rekomendasi aplikasi android yang wajib diinstall, semoga bermanfaat & bisa menambah wawasan kita semua.

Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *