Mockup Adalah
Pengetahuan

Mockup : Pengertian + Cara Membuatnya, Mudah Kok!

Mockup adalah istilah yang akan sering kita dengar jika sudah berurusan dengan desain, karena penerapannya sangatlah dibutuhkan. Terutama ketika ingin mendapatkan tampilan desain terbaik.

Nah bagi kalian yang sering mendengar istilah ini tapi tidak tau artinya, disini saya akan menjelaskan secara singkat pengertian mockup dan cara membuatnya.

Pengertian Mockup

Mockup adalah bentuk visualisasi yang merepresentasikan desain sebuah produk sebelum direalisasikan (sebelum dicetak secara fisik).

Ini akan membantu kita dalam menerapkan desain yang paling cocok dan mengetahui berbagai kemungkinan/skenario, baik berupa warna/jenis tulisan atau lainnya.

Dengan begitu, kita bisa mengganti tampilan desain dari sebuah produk sesuai kebutuhan dan keinginan tanpa merubah struktur dasarnya, serta bisa melihat live preview-nya.

Intinya, mockup itu seperti baju yang bisa kita lepas pada bagian tertentu sesuai kebutuhan agar bisa diganti untuk melihat bagaimana tingkat kecocokannya.

Layaknya boneka yang diberi baju dan celana, masing-masing baju dan celana tersebut bisa dipasangi model yang berbeda untuk melihat bagaimana tampilannya.

Begitupun dengan mockup, kita bisa mengganti jenis font yang kira-kira akan lebih sesuai, warna yang cocok, penempatan logo/stiker yang pas dan lain sebagainya.

30 Detik!!! Cara Mengganti Background Di Photoshop

Fungsi Mockup

Building Name Design
Building Coffee Brand

Dari pengertian diatas bisa kita tarik kesimpulan apa itu fungsi mockup, yakni sebagai media simulasi untuk mengganti desain di bagian tertentu sebelum produk dicetak secara fisik untuk melihat tingkat kecocokannya.

Dengan konsep ini, maka kesalahan sepele seperti “desain yang kurang cocok” akan bisa diminimalisir.

Bayangkan jika kita diminta membuat seragam komunitas anak gunung sebanyak 1000 pcs, lalu tanpa membuat desainnya kita langsung mencetaknya.

Well, mungkin itu tak jadi masalah jika kita sudah sering berurusan dengan pembuatan baju & konveksi.

Tapi untuk seragam komunitas?

Hmm, rasanya perlu dipertimbangkan dengan baik desainnya, karena kadang ada ketidaksetujuan pendapat.

Nah agar tidak terjadi kesalahan fatal, kita perlu sebuah mockup! Sehingga semua orang bisa melihat tampilan produknya, jika sudah cocok baru di eksekusi.

8 Cara Membuat Kamera HP Menjadi Jernih Seperti Baru

Penerapan

Melihat fungsinya diatas, kita sudah bisa memperkirakan apa saja benda/objek yang biasanya membutuhkan konsep desain ini, misalnya :

  1. Poster
  2. Spanduk
  3. Papan pengumuman
  4. Baju
  5. Gelas
  6. Casing HP
  7. Tas
  8. Kemasan produk
  9. Cover buku
  10. Jaket
  11. Dan berbagai produk/objek lainnya
Book Cover Design
Design On Book Cover
White Hat
A Hat With Logo
Mugs With Art Design
Mugs With Design Placeholder

Cara Membuat Mockup

Ada banyak cara untuk membuatnya, tapi saya hanya akan membahas salah satu cara termudah, yakni dengan menggunakan software Adobe Photoshop.

Tutorial kali ini bersifat sangat dasar, selebihnya tergantung kreatifitas si pembuat

Teknik Fotografi Light Painting Menggunakan HP Android

Kesimpulan

Kesimpulannya, mockup adalah konsep/bentuk desain yang memungkinkan si pengguna bisa mengubah bagian tertentu dengan objek yang diinginkannya.

Dalam hal ini, objek tersebut bisa berupa teks, logo, gambar, stiker, hingga tulisan 3D (tergantung apa saja yang dibolehkan untuk diubah oleh pembuat mockupnya).

Jadi misalnya saya mendownload desain cangkir kopi, tapi saya perlu mencoba-coba apa tulisan/slogan yang cocok untuk ditempatkan.

Nah dengan mockup maka saya hanya perlu mengganti teksnya tanpa merusak desain yang lain.

Tentu saja, kita tidak bisa mengubah semuanya sesuka hati. Tergantung si desainer mockupnya mengizinkan bagian apa saja untuk diedit.

Klik tombol share untuk mendapatkan pahala gratis :)
Posted by
Balkis Anton Nurohman

Allohumma Sholli ‘Alaa Muhammad

Leave a Reply

Your email address will not be published.