Cara Memperbaiki Android Mentok Di Logo
Tips Dan Trik Android

Cara Mengatasi HP Bootloop (Mentok Logo) Tanpa Flash

Hallo sobat Raja Tips dimanapun kalian berada, kali ini admin bakal share cara mengatasi HP yang Bootloop mentok loading sampai logo android

RajaTips.com ~ Hallo sobat Raja Tips dimanapun kalian berada, kali ini admin bakal share cara mengatasi HP yang Bootloop (mentok loading sampai logo android saja).

Sebelum kita mulai cara mengatasi masalah tersebut mari pahami dulu mengapa android bisa Bootloop dan mungkin ada beberapa orang yang masih bertanya-tanya apa itu Bootloop.??? Hehe

Oke, jadi android itu adalah sistem operasi sama seperti windows 7, windows 10 maupun linux endless atau semacamnya.

Hanya saja android lebih dikhususkan untuk HP (sebenarnya dipasang di komputer pun bisa tapi kurang nyaman dipakai menurut saya).

Nah lanjut ke Bootloop tadi, setiap sistem operasi punya file-file tersembunyi dan bila file tersebut terganggu keberadaanya (ada segelintir orang yang suka otak atik sistem android) maka bisa menyebabkan Bootloop.

Bootloop sendiri bisa dikatakan kegagalan sistem, jadi ketika kita masuk sistem tidak bisa memulai karena terjadi crash pada sistem tersebut.

Ada Bootloop yang sifatnya sementara/kumat-kumatan (ini terjadi sekejap saja, setelah hp direstart beberapa kali akan hidup) yang dikenal dengan istilah Light Bootloop.

Ada juga Bootloop yang sifatnya permanen (ditandai dengan kegagalan masuk sistem walaupun sudah dicoba berulang kali) yang dikenal dengan istilah Hard Bootloop.

Maka hati-hati saja & selalu backup data ketika kita ingin otak atik sistem seperti mengganti tampilan notifikasi, chea* game, mengoptimalkan vga menggunakaan GL Tools ataupun alat-alat lain yang membutuhkan akses root.

Oke setelah paham apa permasalahannya, saya akan berbagi sedikit tentang pengalaman saya.

Saya pernah root hp untuk mengubah segala tampilan hp, custom room, biar lebih keren, chea* game dan kebetulan ada game yang ngelag jadi saya optimalkan VGA di hp tersebut.

Lalu setelah beberapa bulan, tanpa otak atik apapun tiba-tiba hp saya berhenti di logo.

Kasus serupa dialami teman saya juga, ada yang saat melakukan root langsung Bootloop 😀, dan ada juga yang mengubah CDMA menjadi GSM langsung Bootloop.

Memang, ada beberapa faktor yang menyebabkan HP jadi Bootloop, namun jangan takut untuk melakukan eksperimen.

Nggak selalu Bootloop kok, jarang kejadian seperti itu.

Bahkan saya hanya mengalami 1x selama pegang hp (sudah sekitar 8 Tahun lebih), kalau teman saya banyak. Hehe

Nah buat kalian yang terlanjur mengalami hal ini, simak solusinya :

1. Mengatasi Light Bootloop

Light Bootloop sama seperti sifat manusia yang bisa mengalami lelah, dimana si HP hanya butuh istirahat saja.

Cukup matikan HP, cabut kartu memori, kartu sim, baterai lalu biarkan selama 1-24 jam, setelah itu pasang kembali dan hidupkan HP.

Bila masih berlanjut silahkan hubungi dokter.

Kok dokter??

Iya, maksudnya dokter HP… Hehe…

Silahkan lanjut ke solusi ke-2 bila masih bermasalah.

2. Mengatasi Hard Bootloop

Bootloop jenis ini terdapat 2 solusi, yang pertama kita hanya perlu Factory Reset atau setel pabrik namun harus lewat Recovery Mode dan cara kedua adalah Flash HP.

Namun disini saya hanya menjelaskan bagaimana cara Factory Reset melalui Recovery Mode.

Bagi yang ingin mengetahui cara Flash HP nanti saya posting di artikel berikutnya.

Karena tiap jenis HP berbeda tampilan Recovery Mode-nya, maka saya akan contohkan salah satu sambil menjelaskan gambaran di HP lain.

  • Pertama kalian harus tahu bagaimana cara masuk Recovery Mode (setiap merk berbeda cara), kalian bisa dicari di google untuk merk HP tertentu
  • Disini saya ambil contoh Smartfren Andromax B16L2H, caranya dengan menekan tombol power + volume atas secara bersamaan (jangan dilepas) sampai muncul tampilan Recovery Mode seperti pada gambar dibawah ini
Cara Mengatasi Bootloop
Cara Mengatasi Bootloop
  • Tampilan Recovery Mode tiap HP akan berbeda, ada yang masih tampilan text (CLI) ada juga tampilan yang sudah TWRP (GUI)
Tampilan Recovery Mode Text
Tampilan Recovery Mode Text
Tampilan Recovery Mode TWRP
Tampilan Recovery Mode TWRP

Pada umumnya, TWRP adalah software yang dipasang secara manual oleh si pemilik HP

  • Bagi yang masih tampilan text (CLI) cara untuk menggeser (navigasi ke atas dan bawah) adalah menggunakan tombol volume atas dan bawah. Sedangkan untuk memilih opsi bisa dengan menekan tombol power atau home (tergantung jenis perangkat)
  • Nah untuk tampilan yang sudah TWRP (seperti HP yang sedang saya contohkan), tinggal geser & klik-klik saja seperti main game
  • Kebetulan Recovery Mode yang saya contohkan disini terdapat tulisan Swipe Right To Unlock, jadi geser ke kanan dengan pelan untuk membuka kunci
Swipe Right To Unlock
Swipe Right To Unlock
  • Lalu pilih Wipe (untuk TWRP), atau jika di tampilan text tinggal pilih Wipe Data/Factory Reset
Cara Mengatasi HP Mentok Logo
Cara Mengatasi HP Mentok Logo
  • Kemudian Swipe to Factory Reset yang artinya geser untuk reset pabrik. Untuk tampilan text tinggal pilih Yes dan tunggu proses penghapusan selesai
Swipe To Factory Reset
Swipe To Factory Reset
  • Done, nanti akan muncul keterangan Successful dan setelah itu secara otomatis HP akan restart sendiri (atau restart manual jika tidak ada perubahan)
Successful
Successful

Kesimpulan

Pada umumnya, setiap HP tujuan dan perintah utamanya sama saja, yaitu Wipe Data atau Factory Reset.

Jadi, tanpa saya sebutkan seluruh HP pun kalian sudah bisa kira-kira, asal udah bisa masuk ke Recovery Mode.

Biasanya yang agak susah adalah masuk ke Recovery Mode-nya, kadang berhasil, kadang gagal.

Jadi ya kalian harus sabar, hati-hati dan lakukan dengan pelan. 🙂

Penutup

Sekian artikel dari saya, semoga bermanfaat, selamat mencoba dan semoga berhasil.

Jika masih gagal, seperti yang saya katakan tadi silahkan pelajari cara flash HP. Jika masih butuh bantuan lebih lanjut tanyakan saja di kolom komentar. 😊

Admin pamit dulu, selamat beraktifitas dan sampai jumpa di lain artikel.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *