cara mengatasi pengangguran struktural
Pengetahuan, Lainnya

Cara Mengatasi Pengangguran Struktural, Friksional, Siklis & Musiman

Bisa lebih terkendali, admin akan membantu untuk mempelajari bagaimana cara mengatasi pengangguran struktural, friksional, siklis dan musiman

RajaTips.com ~ Pengangguran adalah salah satu permasalahan serius yang dihadapi negara Indonesia tercinta ini. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk menyadari dan mempelajari permasalahan serius yang satu ini agar suasana dan keadaan masa depan bisa lebih terkendali.

Disini admin akan membantu para pembaca untuk mempelajari bagaimana cara mengatasi pengangguran friksional, struktural, siklis dan musiman.

10 Upaya & Cara Mengatasi Pengangguran Teknologi

Walaupun blog ini fokus terhadap hal yang berbau teknologi, namun admin juga masih peduli dengan keadaan ekonomi yang ada di Indonesia.

Di sisi lain, admin ingin membantu dan menciptakan perubahan sekecil apapun walau hanya dengan melalui sebuah tulisan.

Admin juga sengaja menjadikan beberapa topik menjadi satu bahasan agar terkesan all in one dan menyatu antara topik yang satu dengan yang lainnya.

Apalagi topik ini merupakan jenis permasalahan yang sama (yaitu tentang pengangguran). Jadi, tak ada salahnya jika topik disambung menjadi satu.

Penting

Bagi Anda yang ingin mencopy paste artikel ini, mohon maaf karena blog ini menggunakan script anti copas

Jika Anda ingin mendownload artikel ini dengan versi .PDF maka admin sediakan di bawah artikel

A. Cara Mengatasi Pengangguran Struktural

Cara Mengatasi Pengangguran Struktural – Structural Unemployment atau yang biasa disebut dengan Pengangguran Struktural merupakan pengangguran yang diakibatkan / disebabkan karena para penganggur yang tengah mencari pekerjaan tidak mampu memenuhi persyaratan yang dibuat oleh pihak pemilik / pembuka lapangan kerja.

Sedangkan untuk cara mengatasi pengangguran struktural diantaranya yaitu :

  1. Meningkatkan mobilitas / pergerakan / perputaran modal dan juga para tenaga kerja yang ada
  2. Menciptakan training / pelatihan untuk para tenaga kerja agar mereka mengisi formasi yang cocok dengan lowongan / kesempatan kerja yang tersedia
  3. Memindahkan segera para tenaga kerja yang berlebih dari suatu tempat / sektor ke tempat yang lain, dengan catatan sektor tersebut merupakan tempat yang secara ekonomi masih kurang / belum mumpuni
  4. Membangun segera industri yang padat karya pada tertentu dimana wilayah tersebut merupakan wilayah yang banyak terdapat pengangguran

B. Cara Mengatasi Pengangguran Friksional

Cara Mengatasi Pengangguran Friksional – Frictional Unemployment atau yang biasa disebut dengan Pengangguran Friksional merupakan jenis pengangguran yang diakibatkan karena adanya kesulitan / masalah dalam mempertemukan antara pihak yang mempunyai para tenaga kerja (angkatan kerja) dengan pihak yang membutuhkan tenaga kerja.

Dalam kata lain, pengangguran friksional merupakan jenis pengangguran yang bersifat sementara, penyebabnya yaitu karena adanya kendala waktu, informasi serta kondisi geografis antara seorang pelamar kerja dengan pihak penyedia lapangan pekerjaan.

Cara Menghindari Bahaya Radiasi Yang Ditimbulkan Oleh HP

Untuk cara mengatasi pengangguran friksional dan upaya yang dapat dilakukan antara lain adalah :

  1. Menghapus pembatasan / peraturan dan menghapus segala hambatan yang ada di sistem birokrasi pada setiap bidang industri agar memicu bangkit / munculnya jenis investasi baru
  2. Mengadakan dan memberi semangat kepada pihak lain agar turut serta mengembangkan sektor informal, seperti halnya industri rumahan / home industry
  3. Menggalakkan program perpindahan penduduk dari suatu pulau ke pulau yang lain (transmigrasi) agar bisa menyerap tenaga kerja di sektor formal, misalnya pada sektor pertanian (agraris)
  4. Memperluas kesempatan dan lapangan kerja dengan cara mendirikan industri / usaha baru yang padat karya
  5. Pemerintah berupaya untuk membuka proyek umum (misalnya dengan mengadakan pembangunan jalan raya, pembangunan jembatan, PLTA, PLTU, dan lain sebagainya) dengan tujuan agar bisa menyerap tenaga kerja dalam jumlah yang besar dan secara langsung. Selain itu, proyek ini diharapkan bisa memicu tumbuhnya investasi baru dari kalangan swasta

C. Cara Mengatasi Pengangguran Siklis

Cara Mengatasi Pengangguran Siklis – Pengangguran Siklis atau yang biasa disebut dengan Pengangguran Konjungtur merupakan jenis pengangguran yang disebabkan karena timbulnya perubahan pada kegiatan perekonomian.

Ketika kegiatan ekonomi pada tingkat rendah (mengalami kemunduran), maka sebuah perusahaan harus menurunkan tingkat produksinya. Ketika tingkat produksi menurun, maka secara otomatis akan memicu terjadinya pengurangan jumlah tenaga kerja yang ada.

Hal ini merupakan salah satu alasan mengapa seorang tenaga kerja di PHK (Pemutusan Hubungan Kerja) secara massal oleh suatu perusahaan.

Ada beberapa upaya yang dapat dilakukan / cara mengatasi pengangguran siklis ini, diantaranya yaitu :

  1. Membuka lapangan kerja baru sebanyak – banyaknya
  2. Merekrut karyawan secukupnya agar tidak ada pekerja yang di PHK / diberhentikan secara paksa
  3. Meningkatkan kemampuan, keahlian dan ketrampilan yang dimiliki agar menjadi tenaga kerja yang handal serta tidak turut terkena dampak dari pengurangan tenaga kerja seperti kasus diatas

Kabar Gembira!!! WiFi Gratis Dari Google Bakal Hadir Di Indonesia

D. Cara Mengatasi Pengangguran Musiman

Cara Mengatasi Pengangguran Musiman – Pengangguran Musiman merupakan jenis pengangguran yang berkaitan erat dengan fluktuasi dalam kegiatan perekonomian. Pada umumnya, pengangguran jenis ini sebagian besar dialami oleh para pekerja seperti petani.

Pada waktu musim tanam dan panen berlangsung, mereka akan bekerja untuk menanam padi dan memanen hasil tanam tersebut, namun mereka harus berhenti bekerja ketika musim tersebut berakhir.

Bagaimana cara mengatasi pengangguran musiman? Berikut adalah upaya dan cara yang dapat dilakukan :

  1. Memberikan informasi dengan cepat mengenai info lowongan kerja di sektor lain kepada yang membutuhkan
  2. Memberikan pelatihan berupa keahlian / keterampilan khusus agar mereka dapat menjalani usaha / pekerjaan lain sehingga bisa mengisi waktu saat menunggu musim tertentu datang.

Penjelasan diatas merupakan pengertian singkat mengenai pengangguran musiman dan bagaimana cara mengatasi pengangguran musiman.

Demikianlah artikel yang dapat admin bagikan mengenai cara mengatasi pengangguran struktural, friksional, dan musiman.

Pengertian Kognitif (Umum, Menurut Para Ahli & Contohnya)

Admin berharap tulisan ini bisa bermanfaat dan bisa menambah pengetahuan serta wawasan kita semua.

Mari bangun generasi muda cerdas yang akan menjadi penerus bangsa dengan cara membagikan artikel ini kepada sahabat dan teman – teman yang lain.

Terima kasih telah berkunjung dan sampai jumpa lagi di lain artikel.

Posted by
Balkis Anton Nurohman

Allohumma Sholli ‘Alaa Muhammad

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *